Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


MAKASSAR, MediaFaktual.com — Sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar Pannampu mulai merangkak naik menjelang  Hari Raya idul Fitri. Anyara lain seperti daging ayam potong, yang terpantau mengalami kenaikan di pasar Pannampu, kelurahan Pannampu, kecamatan Tallo. Rabu (21/06/17).

Meski tidak terlalu signifikan, namun sejumlah perdagang mengaku khawatir kenaikan ini akan terus terjadi dalam beberapa waktu ke depan.
Salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Pannampu Sebut saja, DG.Amir menuturkan,” Harga ayam potong  mulai hari tadi mengalami kenaikan hingga mencapai Rp.18 ribu per kilogramnya. Harga itu mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp.16 ribu per kilogram, baru tadi pagi naik,

Menurut  Dg Amir kenaikan harga ayam potong itu terjadi seiring semakin meningkatnya permintaan ayam potong menjelang hari Raya Idul Fitri,  dan tidak menutup kemungkinan akan mengalami kenaikan terus hingga  mencapai sekitar 30 persen.

 Jika biasanya ia biasa menjual ayam potong, sebanyak 100 kilogram per hari, kini ia mampu sampai menjual hingga 130 kilogram per hari.

“Karena permintaan meningkat maka harga ayam hidup juga ikut naik. Otomatis harga daging juga ikut naik,” ujarnya, 
Iya berharap agar harga daging ayam ke depan tetap stabil dan tak kembali mengalami kenaikan. Meskipun berdasarkan pengalaman hal itu agak sulit, karena setiap memasuki bulan puasa dan lebaran harga daging pasti selalu naik.

“Bedanya saat awal puasa akan naik, lalu pertengahan puasa mulai turun dan kembali naik lagi pada saat menjelang hari raya idul fitri,”  Pungkasnya.

Sementara itu, untuk harga daging sapi maupun kambing sendiri terpantau masih stabil, di perkirakan harga daging sapi saat ini stabil di kisaran Rp.90 -110 ribu per kilogramnya. Sementara untuk daging kambing juga stabil.

Pada komoditas lainnya, harga sayuran sendiri diketaui masih relatif stabil. Salah satu jenis sayuran yang masih berada di level penjualan tertinggi adalah bawang putih yang mencapai Rp50 – 60 ribu per kilogram.

Menurut salah seorang pedagang sayuran, Sigit, harga bawang putih yang sangat tinggi itu sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir. Biasanya harga bawang normal hanya berkisar Rp10-15 ribu per kilogram.

Untuk bawang merah relatif normal, yakni berkisar Rp 20-30 ribu per kilogram. Begitu juga cabai yang berkisar Rp30-40 ribu per kilogram,(ibm)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *