Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


MAKASSAR, FaktualSulsel.com — Puluhan  pelaku  Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM) di Makassar mengikuti pelatihan SIAPIK bertempat di kantor Pinbuk Sulsel, Jalan Sunu. Jumat (11/8/2017).

Kegiatan ini adalah rangkaian acara semarak hari UMKM Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2017. 

Serangkaian kegiatan digelar berbagai komunitas dan penggiat UMKM sepanjang bulan Agustus 2017 seperti pelatihan SIAPIK, sales competition, entrepreneur club, FGD model pemberdayaan UMKM dan kegiatan lannya.

SIAPIK atau Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan adalah aplikasi berbasis adroid yang dikembangakan Bank Indonesia untuk membantu UMKM dalam pencatatan transaksi keuangan berbasis android. Pelatihan SIAPIK digelar Pinbuk Sulsel dengan dukungan dari kantor perwakilan Bank Indonesia Sulsel.

Dian Tangoi, Konsultan Pengembangan Usaha Mikro dan Menengah Bank Indonesia (UMKM BI) Sulsel mengatakan, “aplikasi SIAPIK membantu UMKM yang selama ini mengalami kendala dalam melakukan pencatatan keuangan serta dapat menggunakan aplikasi ini sebagai bahan rujukan untuk diperlihatkan dalam melakukan akses pembiayaan.

Pelatihan SIAPIK bagi UMKM ini difasilitasi oleh Bapak Arma Lantong dari Pinbuk Sulsel. Selain mengenalkan Aplikasi Siapik yang diluncurkan BI sejak pertengahan tahun 2016.

Peserta belajar dasar-dasar akuntasi serta bagaimaan menggunakan aplikasi SIAPIK dalam mencatat jenis transaksi keuangan sederhana dan membuat laporan keuangan bagi UMKM pada sektor jasa, perdagangan, pertanian dan infrastruktur.(**)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *