Pangkep, faktualsulsel.com-Konsulat Jendral Australian Richard Mathews menginformasikan jika pekan depan beberapa ahli dan pengusaha Australia akan berkunjung ke Pulau Salemo Pangkep.

Mereka akan melihat langsung pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang digunakan masyarakat setempat. Rencana kunjungannya pada Rabu (28 Maret) mendatang. Hal itu dikatakan Richard saat berkunjung ke Pemkab Pangkep yang diterima Wakil Bupati, H. Syahban Sammana SH, Jumat 16 Maret 2018.

Richard menjelaskan dihadapan Syahban, jika pekan depan akan diadakan seminar di Makasar tentang energi yang terbarukan. Rangkaian seminar itu, akan dilakukan kunjungan ke lapangan tentang salah satu pemanfaatan energi terbarukan. Para peserta seminar terdiri dari berbagai komponen dari Australia termasuk, pengusaha, ahli energi terbarukan hingga pejabat. Mereka selanjutnya berkunjung ke Pulau Salemo untuk kunjungan lapangan.

Wakil Bupati Pangkep, H. Syahban Sammana SH, sangat tertarik dengan program energi terbarukan. Apalagi nanti akan dilakukan seminar dan kunjungan lapangan. Bahkan pihaknya, akan menghadiri seminar tersebut, karena akan dihadiri beberapa ahli dari Australia dan Jakarta. Ia juga, meminta kepada Richard agar pihak Australia dapat meningkatkan perhatiannya kepada wilayah kepulauan untuk penerapan energi terbarukan.

Laporan: Abd Muin