Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


JAKARTA, KOMPAS.com — Enam zona di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) akan ditutup saat pembukaan Asian Games hari ini, Sabtu (18/8/2018), mulai pukul 10.00-23.00 WIB. Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, ada sterilisasi yang dilakukan di GBK dan sekitarnya. Ada juga sterilisasi lalin di titik-titik tertentu yang akan dibagi menjadi enam zona pengamanan.

 

“Enam titik zona pengamanan ini ada di pertigaan Pakubuwono-Hang Lekir hingga SPBU dekat Kampus Mustopo, Jalan Asia Afrika, Jalan Patal Senayan, Jalan Gatot Subroto, Jalan Pintu 1 GBK, dan Jalan Jenderal Sudirman,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (18/8/2018). Baca: 93 Kantong Parkir di Sekitar GBK Disiapkan Selama Asian Games 2018 Royke mengatakan, penutupan ini dilakukan hari ini dan dibagi dalam dua ring. “Pertama, sekitar pertigaan Pakubuwono-Hang Lekir dan Patal Senayan, termasuk dalam zona penyaringan kendaraan. Kedua di Jalan Asia Afrika, Pintu 1 GBK, Jalan Gerbang Pemuda, serta Jalan Gelora, termasuk zona steril dari kendaraan,” ucap Royke. Royke mengimbau kepada warga yang ingin menonton pembukaan Asian Games untuk memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah ditentukan. Lokasi parkir disediakan di sekitar SCBD. Dari SCBD, warga kemudian jalan kaki lewat jembatan penyeberangan ke Jalan Sudirman.

 

Pintu 7 dan 8 Sudirman pun dapat menjadi tempat pemberhentian para penonton Asian Game. Plaza Senayan juga dapat menjadi tempat parkir. “Untuk tamu-tamu undangan Asian Games bisa parkir di Senayan City, sedangkan bagi para VIP dapat parkir di Hotel Fairmount atau di kantor Kehutanan Manggala Wanabakti,” tambahnya. Berikut pengalihan arus akibat penutupan jalan-jalan tersebut: 1. Flyover Senayan dan Ladogi – Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi – Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda 2. Pintu FX Senayan atau Jalan Pintu I Senayan – Penutupan pintu FX Senayan/Jalan Pintu I Senayan – Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi – Pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar-masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu I Senayan ditutup 3. Jalan Hang Lekir – Arus lalin dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya 4. Perempatan Patal Senayan – Kendaraan dari arah Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokkan ke kiri arah Jalan Senayan 2/Permata Hijau 5. Traffic light Palmerah – Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di TL Palmerah menuju ke arah Jalan Tentara Pelajar-Permata Hijau Royke berharap masyarakat menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi kemacetan. “Bagi warga DKI Jakarta yang ingin menonton disarankan untuk naik transjakarta untuk mengurangi kemacetan atau gunakan jalur-jalur yang dapat dilakukan saat pembukaan Asian Games,” ucap Royke.

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *