Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Faktualsulsel.com, Pangkep, – Kurangnya kesadaran pemilik ternak di kelurahan pabundukang dan sekitarnya, kecamatan pangkajene Kabupaten Pangkep dalam menjaga hewan ternaknya membuat belasan hektare sawah milik warga rusak. Sejumlah hewan ternak seperti, sapi dengan leluasa menggasak lahan persawahan milik warga. Akibatnya, warga setempat mengeluh sebab tanaman padi milik mereka terancam gagal panen.

Kaddu (63), salah seorang petani di desa tersebut mengaku resah dengan kondisi tersebut. Menurutnya, para pemilik ternak harusnya menjaga hewan ternaknya agar tidak bebas berkeliaran.

“Yang saya tau, hewan ternak , sapi, Bukan mau dilepas bebas baru rusak tanaman. Ini saya punya sawah sudah saya tanami, tapi masih juga datang menginjak injak padi saya” keluh kaddu pada wartawan faktualsulsel.com di bontokammisi.

Menurutnya, masalah tersebut harus menjadi perhatian pemerintah setempat agar warga tidak resah.
Warga lain bernama Dg. Rahe(65) juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, banyaknya hewan ternak yang setiap hari bahkan malam hari berkeliaran sangat mengancam keselamatan bagi sawah milik petani.

“Banyak mi padinya warga yang dimakan sapi disini. Sawah milik warga juga banyak dirusak sapi,” ujar salah satu warga yang tidak mau di sebut namanya.

Sehingga, masalah ini harus menjadi perhatian semua pihak, mengingat kel. Pabundukang saat ini merupakan salah satu dari kelurahan di kab. Pangkep yang memiliki areal persawahan yang cukup luas.

Dia mengatakan, masalah ini memang harus menjadi perhatian pemerintah setempat, tujuannya untuk menghindari terjadinya korban, baik hewan ternak, maupun tanaman padi milik warga.

Sehingga warga berinisiatif melaporkan hal ini ke babinsa di kelurahan tsb. Setelah menerima lapiran dari warga tani, sertu babar selalu babinsa bersama para petani, langsung terjun ke sawah,dan membenarkan banyaknya hewan ternak sapi berkeliaran di sawah para petani.

Untuk itu besar harapan kami masyarakat agar perhatian pemerintah setempat untuk mengeluarkan atau membuat aturan khusus yang memelihara hewan ternak demi kenyamanan bersama.

Lapora: Fatma

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *