Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Konawe Selatan, Faktualsuksel.com- Setelah melalui proses panjang dan tidak sedikit masyarakat menyangsikan pembangunan perluasan Kantor Bupati dan Auditorium yang baru, akhirnya Gedung tersebut di resmikan penggunaannya usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe Selatan Ke – XVI dan Hari Pendidikan Nasional Ke – 68.

Peresmian di laksanakan bersamaan dengan 9 (sembilan) pembangunan infrastruktur strategis lain, diantaranya Gedung TK Negeri PAUD Terpadu Kuncup Dharma Pertiwi, Pasar Ambaipua, Jalan Ruas Lalonggombu – Anggokoti, Gedung Perawatan dan Gedung Farmasi BLUD Rumah Sakit Konsel, Gedung Gedung Perawatan Puskesmas Tinanggea, Gedung Perawatan dan UGD Puskesmas Tinanggea, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Andoolo serta Pusat Kuliner Andoolo.

Peresmian maha karya pembangunan tersebut di tandai dengan penandatanganan Prasasti dan Pengguntingan Pita Gedung Auditorium Kantor Bupati Konsel oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, SH bersama Bupati, H. Surunuddin Dangga, Wakil Bupati, Dr. Arsalim Arifin, Sekda, H. Sjarif Sajang, dan Ketua DPRD, Irham Kalenggo, Kamis (2/5/2019)

Turut mendampingi dan disaksikan langsung Ketua DPRD Provinsi, H. Abdurrahman Saleh, Kapolres Konsel, AKBP Dedi Adriyanto, Kajari, Agus Suroto, SH, Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin, Wakil Ketua TP-PKK, Hj. Arni Arsalim, Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif, Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Adat, Agama, dan Tokoh Pemuda, sert para Kades dan Pimpinan OPD Lingkup Pemda Konsel.

Dalam sambutannya, Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas karya pembangunan Infrastruktur pasangan Bupati dan Wabup Konsel, Surunuddin – Arsalim yang menurutnya kerja luar biasa yang dikerjakan hanya dalam tempo 3 Tahun memimpin, termasuk sukses dalam melaksanakan Pemilu serentak 2019 pada 17 April yang berlangsung aman dan damai.

“Kita bangga memiliki pemimpin smart dan visioner seperti Bupati dan Wabup Konsel ini, yang hanya jangka beberapa Tahun saja bisa merealisasikan dan menghasilkan sebuah maha karya nyata demi pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan rakyat,” Puji Ali Mazi.

Tentunya pembangunan ini akan kita dukung penuh, imbuhnya, karena sejalan juga dengan program kerja Pemprov melalui akselerasi Garbarata yang menitiberatkan pada konektiftitas penyediaan infrastruktur dan peningkatan SDM serta penurunan angka kemiskinan seluruh wilayah Sultra baik daratan maupun kepulauan.

“Tentunya untuk kelancaran dan suksesnya program tersebut, kita berharap dukungan para Kades dan OPD, Legislatif, Forkopimda, serta segenap elemen masyarakat Sultra demi terwujudnya Sultra Emas yang masyarakatnya Cerdas, Beriman dan Berbudaya, Sehat dan Produktif,” tandas Ali Mazi.

Dikesempatan tersebut juga, Ali Mazi menyampaikan Dirgahayu Kabupaten Konsel Ke – XVI dan berharap semoga daerah ini makin maju dan masyarakatnya sejahtera.

Sementara itu, mengawali sambutannya Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan bahwa atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Konsel mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesediaan Gubernur untuk meresmikan pembangunan infrastruktur ini dalam rangka memperingati HUT Konsel ke-16 dan Hardiknas ke-68

Di mana, ucapnya, dalam rangkaian tersebut, telah kita laksanakan kegiatan sejak tanggal 29 April 2019 dengan beberapa agenda diantaranya, pameran pembangunan sidang istimewa DPRD dilanjutkan dengan expose 3 tahun berkarya yang kami capai mulai tahun 2016-2019, Istighosah bersama masyarakat, Upacara Bendera dan peresmian gedung yang kita lakukan hari ini.

Yang mana, jelas Surunuddin, 10 pembangunan infrastruktur yang baru diresmikan merupakan kebutuhan masyarakat dan salah satu tujuan pencapaian target sesuai visi Konsel yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2016 – 2021, yang pembangunannya dilakukan secara bertahap dengan sindikasi pembiayaan bersumber dari DAU, APBN (Tugas Perbantuan Pemerintah Pusat), dan Pinjaman Daerah dengan total menyerap anggaran kurang lebih 120 Milyar selama 3 Tahun (2017, 2018 dan 2019).

Disamping itu, tambahnya, kami menyelesaikan beberapa pembangunan yang akan rampung pada tahun 2019 diantaranya 3 buah jembatan dengan total anggaran +/- 60 Milyar, pengaspalan jalan sepanjang +/- 60 KM, pembangunan Gedung UGD RSUD 15 Milyar, serta Pembangunan Islamic Center +/- 10 miliar, yang tentu dengan selesainya proyek tersebut Konsel siap melaksanakan perhelatan-perhelatan Tingkat Provinsi maupun MTQ tahun 2020.

Dari sisi aspek kewilayahan, karena masih banyaknya desa yang masih tertinggal akibat infrastruktur yang terbatas khususnya di Kecamatan Laonti, Surunuddin berharap Pemprov dapat membantu pendanaan khususnya peningkatan jalan menuju Laonti dan kawasan Wisata Namu sepanjang +/- 75 KM yang perintisan nya telah dilaksanakan melalui APBD Kabupaten

Begitu pula halnya untuk penurunan angka kemiskinan dan rehabilitasi rumah tidak layak huni, yang mana Pemda Konsel telah merehabilitasi sebanyak 4.000 unit, ungkapnya, namun masih banyak masyarakat yang membutuhkan penanganan segera dalam rangka menurunkan Angka kemiskinan, yang perlu penanganan terpadu antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

“Olehnnya itu, kita berharap dukungan penuh Gubernur Sultra agar bisa merealisasikan permohonan kami demi percepatan dan pemerataan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Sultra secara umum, Konsel pada khususnya hingga ke daerah terpencil,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di sela-sela peresmian kantor dan gedung Auditorium Bupati yang baru, di halaman kantor tersebut di gelar lomba cipta menu khas daerah yang di ikuti oleh Instansi Kecamatan dan OPD se-Konsel.

Laporan: Edison

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *