Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Konawe Selatan, Faktualsuksel.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melalui Bagian Perlengkapan dan Rumah Tangga (PRT) Sekretariat Daerah menggelar Pendidikan dan Pelatihan Tata Cara Jamuan Makan Formal (Table Manner) di Hotel D’Blitz Kota Kendari, Kamis (30/5/2019) Malam.

Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir. Drs. Sjarif Sajang, M.Si usai melaksanakan Shalat Tarwih, di dampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sahrin Saudalle, M.Si, dan Kepala Bagian (Kabag) PRT, Hj. Hasbuna, S.Pd.,M.Si.

Kegiatan yang bertujuan untuk mempelajari terkait tata krama atau etika pada saat melakukan jamuan makan, mulai dari makanan pembuka sampai penutup pada jamuan resmi Pejabat penting ini diikuti 120 peserta, terdiri dari para pengurus PKK Kecamatan dan Kelurahan/Desa se-Konsel serta Staf Bagian PRT dan Pramu Bakti.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung 3 (tiga) hari dari 30 Mei – 1 Juni 2019,yang di isi penyampaian materi dan praktek simulasi cara dan etika jamuan oleh masing-masing peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok. Dengan Pemateri, Ketua IKA BOGA Sultra, Hj. Gusti Isnaniah dan Sekretaris, Hj. Nurhayati Marsuki, serta anggotanya, Nani Ginting dan Herra Yusran.

“Atas nama pribadi dan Pemda menyambut baik kegiatan ini, karena dapat menambah dan meningkatkan pemahaman serta pelayanan para Ketua dan pengurus PKK di semua tingkatan, yang juga merupakan bukti citra diri dan Pemda dalam tata cara jamuan yang benar dan lebih profesional yang akan menjadi penilaian orang lain, bagus atau tidaknya pelayanan yang kita suguhkan,” kata Sekda, Sjarif Sajang mengawali sambutannya.

Dikatakannya, dengan menguasai Table Manner maka akan memberikan nilai lebih dan mempengaruhi kesuksesan seseorang serta lebih mengetahui etika budaya tata cara jamuan saat bersantap bersama di meja makan, baik bangsa sendiri maupun bangsa-bangsa lain.

Olehnya, saya berharap, tandas Sjarif, para peserta bisa menyimak dengan seksama apa yang disampaikan pemateri, sehingga dengan diadakannya Table Manner, para peserta dapat memberikan manfaat bagi diri, keluarga dan Pemda, serta dapat diimplementasikan dengan sangat baik.

Dikesempatan itu juga, karena saat ini sedang berada diakhir bulan suci ramadhan, atas nama Pemda Konsel, Sjarif menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M, semoga semuanya selalu dalam kondisi sehat dan dalam lindunganNYA, serta keimananan dan ketaqwaan kepada Allah SWT lebih meningkat dari sebelumnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kabag PRT Setda Konsel, Hj. Hasbuna mengatakan, etika pergaulan skala nasional maupun internasional tidak lepas dari tata cara jamuan/Table Manner. Dimana, etika makan adalah aturan yang harus dilakukan saat makan bersama dimeja makan, yang juga tempat terpenting dimana etiket kita dinilai oleh orang lain yang juga mempengaruhi hubungan dengan masyarakat lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, ungkap Hasbuna, sehingga kegiatan ini di selenggarakan dengan sasaran pelaksanaan untuk para ibu-ibu Ketua dan Pengurus PKK Tingkat Kecamatan, Kelurahan/Desa agar mereka lebih mengetahui tata krama saat makan dan cara menggunakan alat makan dari pembuka hingga jamuan penutup, sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal, khususnya kepada tamu pejabat atau rapat penting lainnya.

Liputan: Edison

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *