PANGKEP,Faktualsulsel.com-Namanya Jumaintang (pakai G). Bagi sebagian pembaca, mungkin dia dianggap tak begitu penting. Bukan seorang pejabat, apalagi public figure. Tapi, di saat sebagian perempuan sibuk mengurus dapur dan rumah tangga untuk keperluan Idulfitri besok, justru dia berani berdiri di bawah terik matahari mengatur arus lalulintas.

Dengan pakaian dan atribut lengkap di badan, Intang – begitu perempuan ini kerap disapa – tak mengenal panas terik matahari mengatur arus lalu lintas di seputaran pasar Sentral Palampang Pangkep. Dia tak segan menegur dan “menghalau” para pengguna jalan yang melanggar rambu lalu lintas.

Dari arah berlawanan, dua pengendara roda dua melawan arus pun dia setop dan meminta untuk kembali. “Kalau Anda semua begini, kapan arus lalu lintas bisa lancar,” begitu ucapannya dengan mulut komat kamit menggunakan pengeras suara.

Sekalipun itu tugasnya sebagai staf di Dinas Perhubungan, tapi bagi saya seorang perempuan tangguh seperti ini harus mendapat perhatian dari pemerintah daerah dengan memberi penghargaan. Tidak sedikit petugas – apalagi perempuan – yang harus meninggalkan keluarga dan dapur untuk keperluan hari raya besok. Bahkan, sebagian petugas sibuk mudik dan mengurus kepulan asap di dapur mereka. Entah arus lalu lintas macet atau lancar, itu lain soal.

Laporan:**/Saiful