Konawe Selatan, faktualsulsel.com- Pemerintah Desa (Pemdes) Mowila, Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), di akhir tahun 2019 merealisasikan bantuan pemerintah pusat melalui program Kementerian Pedesaan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT), yang dikucurkan lewat Dana Desa (Dandes), berupa sejumlah infrstruktur termasuk jalan serta.

Diketahui, pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur Desa Mowila, berupa Jalan Usaha Tani (JUT), memakai Dana Desa (Dandes) tahap akhir, tertata dalam rangkain Anggaran Pendapatan Belanja Desa ( APBDes) tahun anggaran 2019.

Pembangunan yang dilakukan ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat serta memperlancar aktifitas masyarakat sekitar,” tutur Kepala Desa (Kades) Mowil, Marwan Sidiq, Rabu (11/12/2019).

Diketakan Marwan,pihaknya juga melakukan pembangunan rumah, yang realisasi anggarannya melalui Dandes di tahun 2019.

“Tentunya dalam penganggaran semua bidang yang ada harus dapat memberikan manfaat keseluruh masyarat sekitar khususnya Desa Mowila,”ujarnya.

Dia juga mengungkapkan, pencairan tahap l, ll dan III Dandes Mowila, penggunaan anggarannya, sudah terprogram yang diusulkan dan disusun oleh warga dalam hal ini Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang kegiatan keseluruhannya

“Terdapat Pada progaram pembagunan peningkatan JUT sepanjang 250 meter di tahap lll dengan biaya sebesar,RP336.591.000,-pembangunan rumah layak huni 5 unit di tahap ll anggaran RP188.346.000, pengadaan kwh listrik bagi masyarakat miskin untuk 25 kwh tahap l anggaran RP 95. 000.000.

“Dalam kegiatan pembangunan peningkatan jalan produksi yang dalam pengerjaannya dengan swakelola sebagai tenaga atau pekerjanya melibatkan warga Desa Mowila ini,”ucapnya.

Marwan juga mengharapkan sejumlah pekerjaan masuk dalam skala prioritas desa, sebagian besar dibiayai melalui Dandes.

“Kiranya dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa, berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa,” tuturnya.

Laporan: Edison