Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Faktualsulsel.com UPP Saber Pungli Toraja Utara serahkan satu orang terlapor dugaan pungli ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kab. Toraja Utara, keterangan kepastian penyerahan ini diperoleh dari Ketua UPP Saber Pungli Toraja Utara Kompol Jacob Lobo SH MH.

Ditemui di ruang kerjanya, Kompol Jacob Lobo yang kesehariannya bertugas selaku Waka Polres Tana Toraja memberikan keterangan bahwa pihaknya telah melimpahkan satu orang terduga berinisial JP, Pejabat Lurah di kab. Toraja Utara , ke APIP Kab. Toraja Utara.

Dikatakan oleh Jacob Lobo, demi untuk kepentingan kepastian hukum, tim Saber Pungli lakukan gelar perkara, dan hasilnya adalah rekomendasi pelimpahan terduga JP ke APIP Kab. Toraja Utara.

Dikatakan lebih lanjut oleh Jacob Lobo, penyerahan terduga ke APIP itu dimungkinkan untuk dilakukan oleh APH sebagaimana tertuang pada Peraturan Presiden No. 87 tahun 2016 tentang Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar, pasal 4(e).

” Gelar perkara terkait dugaan pungli yang dilakukan oleh terduga JP di ikuti oleh seluruh Unit Pokja, hasilnya berupa rekomendasi terduga di limpahkan ke APIP Kab. Toraja Utara untuk di tindak lanjuti dan diberikan sanksi sesuai dengan perundang-undangan “. Kata Jacob Lobo menjelaskan.

Ketua Tim Pokja Yustisia Saber Pungli, AKP. Jon Paerunan SH yang dikonfirmasi pula, mengatakan bahwa setelah dilakukan proses penyelidikan terhadap laporan aduan terduga JP di rekomendasikan kepada Ketua Saber Pungli untuk menyerahkan terduga ke APIP.

Sekretaris UPP Saber Pungli, Iptu Semuel Sattu yang juga dikonformasi di ruang kerjanya berikan keterangan bahwa, dasar dilakukannya pemeriksaan terhadap terduga JP adalah
LPB Nomor : 69/VI/2019.

Rekomendasi pelimpahan terduga JP, Nomor : B/02 UPP/Kab. Torut / I / 2020.

Surat rekomendasi pelimpahan telah kami serahkan ke APIP tertanggal 27 Januari 2020, tembusan juga kami berikan ke Bupati Toraja Utara dan pihak kejaksaan negeri Makale “. Kata Semuel Sattu.

Sementara itu, kepala Inspektorat Kab. Toraja Utara Hendrik L, Simak, selaku pejabat APIP, saat di konfirmasi melalui sambungan selulernya membenarkan perihal pelimpahan JP ke APIP.

” Iya benar, berkas pelimpahan terduga JP sudah kami terima, dan selanjutnya akan kami tindak lanjuti “. Tutupnya .Faktualsulsep.com

Reporter. : ( Tim )

Editor. : ( Suardi )

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *