Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Maros,- faktualsulsel.com- guna menguatkan peranan dan fungsi keorgansiasiannya, OSIS SMAN 9 Maros menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan (LK). Kegiatan dengan tema “Jiwa Kepemimpinan Tak Lekang Oleh Pandemi” ini dilaksanakan secara hybrid (kombinasi on line dan tatap muka) yang berlangsung dari tanggal 28 Maret sampai 3 April 2021.

Kegiatan yang dibuka secara on line oleh Plt. Kepala UPT SMAN 9 Maros, Adnan Adam M. Pd menyita hingga 70 lebih peserta/siswa yang terdiri dari perwakilan Eskul dan Pengurus OSIS periode 2020/2021.

Menurut Fidela, mantan wakil ketua OSIS periode 2019/2020 sekaligus ketua panitia bahwa kegiatan ini sebagai sebuah rutinitas tahunan untuk memberi bekal kepada para pengurus agar ke depannya dapat mengawal organisasi yang tentunya diharapkan OSIS dapat menjadi lokomotif kegiatan-kegiatan eskul di sekolah.

Dalam sambutannya via zoom, Adnan Adam berpesan agar kegiatan ini jangan hanya dijadikan sebagai sebuah rutinitas tahunan tanpa makna. “Kegiatan ini harus mengajarkan kepada kalian sebagai organisatoris untuk selalu memiliki attitude (read : karakter) yang pancasilais, memiliki semangat juang tinggi untuk menimba ilmu, dan tak lekang oleh pandemi.

Lebih lanjut, dalam materi “Dinamika Kelompok” yang diampunya, lelaki yang telah memiliki 4 anak ini mengingatkan peserta betapa tidak mudah untuk menjadi seorang organisatoris ataupun pemimpin. “Butuh jiwa tegar untuk melakoninya karena kedinamisan suatu kelompok/organisasi adalah suatu keniscayaan”. Tentunya yang dimaksudkan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk memiliki pengetahuan secara psikologis dan sosiologis untuk memahami kedinamisan anggota kelompoknya, yang berbeda dari LK tahun sebelumnya bahwa pemateri LK tahun terbilang cukup reformatif dan memaksimalkan aspek pemberdayaan komunitas (empowerment community) dengan menghadirkan para mantan ketua OSIS sebagai pemateri. Diantaranya Muhammad Affan, Ketua OSIS (Ketos) 2017-2018 (materi Kepemimpinan), A. Ashar, Ketos 2016/2017 (Motivasi Belajar), Fajar, Ketos 2014/2015 (Manajemen Organisasi I), Fitri Amalia H. S. Ak, Ketos 2013/2014 (Manajemen Organisasi II), serta Alwin S. Pd alumnus peraih RU 5 th Putera Sul-Sel (Retorika dan Keprotokoleran). Mereka hadir kembali untuk memberi yang terbaik bagi generasi penerus mereka di OSIS SMAN 9 Maros. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, hampir semua kegiatan ekstrakurikuler mengalami kemandekan sebagaimana yang terjadi pada kegiatan kurikuler di masa pandemi ini. Butuh suatu terobosan tersendiri dari warga sekolah dan pembina OSIS agar ekstrakurikuler tetap dapat bertahan dari berbagai himpitan pandemi dan pembatasan sosial. Jahida SE Ak, selaku Wakasek Kesiswaan mengharapkan agar kegiatan yang dilakukan siswa menyesuaikan situasi pandemi saat ini. Dia berpesan agar kiranya siswa banyak mengikuti event-event yang diselenggarakan secara on line agar eksistensi mereka tetap nampak dan tidak mengalami kemandekan program kegiatan. “Student’s Today, Leader’s Tomorrow”. Slogan yang selalu membahana untuk membakar semangat peserta mengikuti kegiatan. Semangat.

Laporan : (**ZAENAL)
KA.Biro Maros Faktual Sulsel com

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *