Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


PANGKEP,Faktualsulsel.com — Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau(MYL)panen raya padi di kampung Biring Ere, desa Panaikang, Sabtu(23/10/21).

Bupati MYL memberikan apresiasi kepada dinas pertanian, penyuluh dan petani atas kerja kerasnya sehingga panen ini dapat dilakukan.

Lanjut MYL, Pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah sangat peduli terhadap pertanian.

Kepedulian itu dibuktikan melalui pemberian bantuan alsintan, perbaikan pengairan, bantuan pupuk dan bibit.

Perhatian dan bantuan itu dengan harapan meningkatkan produksi pertanian. Peningkatan produksi yang dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan petani.

“Kalau produksi pertanian meningkat, tentu itu akan sejalan dengan kesejahteraan petani kita,”katanya.

Ia juga mengatakan, Pangkep memang memiliki potensi pertanian. Potensi ini diharapkan dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, kepala desa Panaikang, HM Arief Tahir mengatakan, lokasi ini satu-satunya titik di Pangkep dengan luas lahan 180 Ha yang dapat menghasilkan IP 300.

Kedepan, diharapkan produksi ini dapat meningkat. Sebab, varietas IP 400 berpotensi untuk dikembangkan. Ditambah lagi, dengan akan diadakannya sumur bor pompa air untuk pengairan sawah.

Lanjutnya, warga desa Panaikan memang mayoritas petani. Olehnya itu, sektor pertanian ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Agar pertanian terus meningkat, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah khususnya dinas pertanian.

“Memang, penduduk disini mata pencahariannya mayoritas pertanian. Kita harapkan, pertanian meningkat, kesejahteraan petani juga meningkat,”katanya.

Padi yang ditanam Varietas inpari 42, Invari 32, Mekongga, dengan hasil pengambilan ubinan sebesar 5,8 kg padi kering panen dengan produksi 8,28 ton /Ha.

(*/Deden)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *