Tonasa, faktualsulsel.com — Dalam rangka mendukung penuh program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) CSR PT Semen Tonasa, Forum Desa dan Kelurahan Lingkar 1 melakukan penandatanganan pakta integritas di Bali, Minggu, 22 Mei 2022.

Direktur Utama PT Semen Tonasa, Mufti Arimurti menjelaskan bahwa sangat mengapresiasi kinerja Forum Desa Lingkar 1 yang ada di desa dan kelurahan sekitar perusahaan dalam mengawal berbagai program pemberdayaannya di tengah masyarakat. Dikatakan bahwa, penandatanganan pakta integritas ini sebagai wujud komitmen terhadap pelaksanaan sekaligus pengawasan terhadap program tanggung jawab sosial PT Semen Tonasa.

“Pakta Integritas ini sebagai komitmen bersama antara perusahaan dan juga masyarakat, bahwa program TJSL yang kita jalankan ini memiliki tujuan mulia serta untuk kepentingan bersama. Tentunya dengan melibatkan masyarakat sendiri mulai dalam perencanaan program hingga tahap pelaksanaan dan evaluasinya.” jelasnya.

Lebih lanjut diharapkan bahwa, pendampingan yang dilakukan ini bisa semakin menguatkan perusahaan. “Saya mendorong kedepannya agar Forum Desa ini bisa mengembangkan lagi program kreatifnya untuk mewujudkan transformasi di desa menjadi lebih baik. Kita ingin agar kampung kita ini juga bisa menjadi destinasi wisata. Kita juga dorong agar nantinya program semacam ini bisa semakin dikembangkan lagi. Ini bisa menguatkan perusahaan. Karena langsung menyentuh masyarakat. Untuk itu mari kita bangun bersama kekuatan untuk memajukan perusahaan dengan melibatkan masyarakat, termasuk mendorong UMKM di desa agar semakin maju,” paparnya.

GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa Andi Muhammad Said Chalik mengungkapkan arti penting dari Pakta Integritas ini bagi keberlangsungan TJSL perusahaan. “Pakta Integritas ini tidak sekedar sebagai pernyataan komitmen Forum Desa Lingkar 1 terhadap pengelolaan program TJSL Semen Tonasa. Tapi lebih daripada itu, ini menunjukkan bahwa dalam prosesnya, program TJSL di Semen Tonasa telah memperhatikan kebutuhan masyarakat serta pengelolaan dan pengawasannya dilakukan pula oleh masyarakat. Sehingga, efektifitas dan value dari tiap program ini benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat.”

“Hal ini juga menggambarkan bahwa ruh dan semangat program TJSL di perusahaan telah sejalan dengan harapan Permen BUMN tentang TJSL yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) serta berpedoman kepada ISO 26000 sebagai panduan pelaksanaan program, dengan harapan pelaksanaan Program TJSL BUMN yang lebih terukur, berdampak dan berkelanjutan.” tambahnya

Sementara itu, Ketua Panitia Penguatan Forum Desa Andi Irwan menyampaikan ucapan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada manajemen PT Semen Tonasa atas dukungan, bantuan dan supportnya dalam pelaksanaan kegiatan ini di Bali.

“Kami ingin berterima kasih khususnya kepada Bapak Dirut PT Semen Tonasa beserta GM Komunikasi & Hukum yg menyempatkan hadir bersama-sama kita semua hari ini. Di mana sepanjang kehadiran Forum Desa, khususnya untuk pelaksanaan kegiatan penguatan forum, baru kali ini kegiatan semacam ini dihadiri langsung oleh Bapak Dirut. Ini tentu menjadi bukti nyata, bagaimana sinergi, perhatian dan apresiasi Bapak manajemen PT Semen Tonasa kepada kita di forum 11 Desa lingkar begitu besar.” ungkapnya.

Irwan menambahkan bahwa inti kegiatan ini yaitu melakukan studi banding dan pengembangan wawasan Forum Desa Lingkar 1. Khususnya dalam belajar dan melihat langsung pengembangan potensi desa di lokasi yg didatangi untuk kemudian nantinya diaplikasikan pada program TJSL PT Semen Tonasa.

Di samping itu kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menjalin silaturrahmi dan sarana sharing gagasan antar pengurus forum, manajemen dan pendamping terkait pengembangan potensi desa masing-masing, serta menjadi wadah untuk melahirkan komitmen bersama atas pelaksanaan program CSR nantinya di 11 Desa lingkar PT Semen Tonasa.

(Deden)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.