Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Tana Toraja -faktualsulsel.com- Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan maklumat tentang kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Pemilihan tahun 2020.

Kejelasan terbitnya Maklumat Kapolri ini kemudian di beberkan oleh Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol. Ibrahim Tompo. Selasa (22/09/2020).

” Adapun Maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Pemilihan tahun 2020, tertuang dalam Mak/3/IX/2020 dan ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis pada 21 September 2020 “. Jelas Ibrahim Tompo.

Dengan terbitnya maklumat Kapolri ini, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo berharap kepada seluruh peserta Pilkada mematuhi standar protokol kesehatan dalam setiap tahapan pesta demokrasi tersebut.

” Harapan kami, agar paslon dan para pendukungnya tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya saat mengikuti tahapan Pilkada,” kata Kabid Humas.

Sementara itu, Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM yang di konfirmasi di Mapolres Tator Selasa (22/09) pagi ini, memberikan keterangan yang senada dengan Kabid Humas.

” Terbitnya Maklumat Kapolri tersebut bertujuan untuk mencegah Klaster Baru Covid 19, yaitu klaster Pilkada, potensi berkerumunnya warga terbuka lebar, dan tentunya kerumunan warga dapat menjadi sarana penyebaran covid yang massif “. Jelas Liliek Tribhawono.

Selaku pengemban tanggung jawab terciptanya Kamtibmas menjelang Pilkada di Tana Toraja, Kapolres Tana Toraja AKBP. Liliek Tribhawono Iryanto SIK MM meminta kepada para kandidat untuk mematuhi Maklumat Kapolri ini.

” Rabu besok (23/09), KPU Tator akan menjalankan tahapan Penetapan Paslon, besok juga akan jelas kandidat yang resmi berkompetisi di Pilkada Tana Toraja, untuk itu siaran pers ini kami meminta kepada para kandidat untuk berpartisipasi dan mendukung Maklumat Kapolri terkait pencegahan covid, tentunya peran dan komitmen dari para kandidat untuk bersama sama mencegah covid di tengah pentas pilkada sangatlah menentukan “. Tutur Liliek.

Terkait terbitnya Maklumat Kapolri tentang pencegahan covid, lanjut Liliek, ” ini akan kami sosialisasikan kepada para kandidat, timses kandidat, dan kepada masyarakat luas, dan tentunya juga di sosialisasi ini akan kami ajak peran serta dari penyelenggara, pengawas pemilihan, dan stakeholder lainnya, tujuannya untuk memaksimalkan sosialisasinya agar masyarakat faham pada pentingnya mencegah penyebaran covid melalui klaster pilkada, dan harapan kita semua sama yaitu kita wujudkan Pilkada Yang Sehat, Bermartabat, Aman, Damai dan Sejuk tanpa lahirnya klaster baru, klaster Pilkada “.

Perlu diketahui
Dalam maklumat tersebut, terdapat empat poin aturan terkait pilkada, yakni:
1. Pilkada 2020 merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat secara konstitusional yang dilindungi undang-undang, maka diperlukan penegasan pengaturan agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.
2. Untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara Pilkada 2020, dengan ini Kapolri mengeluarkan maklumat :

a. Dalam pelaksanaan Pilkada 2020, tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan, pencegahan, serta protokol kesehatan Covid-19.

b. Penyelenggara Pilkada 2020 wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

c. pengerahan massa pada setiap tahapan pemilihan tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.

d. Setelah selesai melaksanakan setiap kegiatan tahapan, semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib tanpa arak-arakan, konvoi, atau sejenisnya.

3. Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

4. Demikian maklumat ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat.

(**/Bahtiar Azis)

Sumber : Humas Polres Tana Toraja

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *