Tana Toraja ,– faktualsulsel.com-Peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni 2021, di peringati melalui upacara secara virtual oleh Jajaran Forkopimda Tana Toraja di Rujab Bupati Tana Toraja, Selasa (1/06/2021) pagi.

Hadir mengikuti upacara secara virtual, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Wakil Bupati Tana Toraja dr. Zadrak Tombeg, Ketua DPRD Tana Toraja Wellem Sambolangi, Kapolres Tana Toraja AKBP. Sarly Sollu, SIK, MH, Dandim 1414 /Tator Letkol. Czi, Zainal Arifin, M(Han), dan Kajari Makale Jefri Penanging Makapedua, SH, MH.

Tema peringatan hari lahir Pancasila di tahun 2021 adalah Pancasila dalam tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila, yang berlangsung di Istana Negara, di ikuti secara daring (online) oleh pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan RI di luar negeri, dan para tokoh lainnya. ( dari sumber BPMI Setpres 2021)

Yang menarik dari upacara peringatan Hari Pancasila, Presiden menggunakan pakaian adat, begitu pula dengan peserta upacara lainnya, kecuali TNI Polri yang menggunakan pakaian kebesaran PDU 1.

Dikutip dari sumber BPMI Setpres, Presiden Jokowi pada pidatonya mengatakan peringatan hari lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Upacara yang di mulai pada pukul 08.45 wita dan berakhir pada pukul 09.35 wita.

Sumber : – Dikutip dari BPMI Setpres 2021.

(**/Bahtiar Azis)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *