Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


PANGKEP, – faktualsulsel.com-Bupati Pangkep HM Yusran Lalogau menekankan kepada semua pimpinan OPD dan Kecamatan untuk tetap bekerja maksimal dalam mewujudkan misi Pangkep Hebat selama periode kepemimpinannya menjabat sebagai bupati Pangkep. Dia juga berharap untuk memprogramkan kegiatan yang terarah sesuai rencana strategi lima tahun ke depan.
 
Penekanan itu disampaikan Bupati Yusran saat hadir di acara Verifikasi Rancangan Renstra Perangkat Daerah oleh Tim Bupati untuk Percepatan Pembangunan Daerah (TBUP2D) di ruang rapat TBUP2D kantor Bupati Pangkep. Verifikasi Renstra selama tiga hari ini dihadiri semua pimpinan OPD dan pimpinan kecamatan se Kabupaten Pangkep.
 
Menurut Bupati Yusran, pendampingan verifikasi ini penting dilakukan agar program yang direncanakan OPD dan pihak kecamatan bisa terarah. “Program pembangunan bisa maskimal dan tidak parsial. Jangan ada yang menunggu dan hanya copy paste dengan program yang lalu. Saya ingin dari rencana strategi ini, ada yang bisa dikenang oleh masyarakat, sekalipun inisiatornya sudah tidak ada,” ujarnya.
 
Bupati juga berharap pimpinan OPD dan kecamatan bisa membuat terobosan baru dengan potensi yang ada, termasuk menggali potensi untuk meraup tambahan pendapatan asli daerah (PAD). “Ada lima sumber-sumber pendapatan daerah. Ini harus disesuaikan dengan potensi yang ada, sehingga kita tidak terpaku pada APBD saja. Tapi bisa melalui kerja sama dan lainnya,” tambahnya.
 
Bupati juga meminta kepada pimpinan OPD dan pimpinan kecamatan untuk tidak merasa terbebani beban kerja dengan kehadiran tim TBUP2D. “Anda mungkin merasa beban kerja selama ini terasa ringan, tetapi dengan hadirnya TBUP2D dalam kepemimpinan saya, beban Anda merasa bertambah. Itu artinya, kerja harus dimaksimalkan. Semua harus kerja. Saya percaya ke mereka termasuk pendampingan program strategi lima tahun ini,” ujarnya.
 
Sebaliknya, Bupati juga berharap kepada pimpinan OPD dan kecamatan untuk melaporkan kepada dirinya bila tim TBUP2D bekrja di luar dari tupoksi yang ada. “Silakan, Anda juga bisa laporkan ke saya. Bukan hanya TBUP2D yang menyampaikan kinerja Anda apa sudah sesuai atau sebaliknya, tetap tim ini juga bisa Anda sampaikan ke saya,” tutur bupati sambil tersenyum.
 
Ketua TBUP2D Pangkep, Dr. Ibrahim Saleh mengatakan, Verifikasi Renstra OPD selam tiga hari ini belum dipahami sebagian besar pimpinan OPD dan kecamatan. Mereka lebih banyak membawa rencana kerja (renja) tahunan, bukan program strategi yang bisa berefek pada masyarakat secara luas. “Program mereka yang ditawarkan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hampir tidak ada yang bisa memberikan inovasi yang menarik sesuai rencana lima tahun mendatang,” ujarnya.
 
Padahal, kata mantan Sekkot Makassar ini, TBUP2D sudah menekankan setiap pimpinan OPD untuk membuat sebuah program grand desain yang Hebat dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Program pendanaan bisa kita dapatkan dari APBN, APBD, juga bisa lewat investor dan kerja sama. Tapi, itu juga harus kita buat grand desainnya? Apa itu menarik dan benar-benar dibutuhkan masyarakat? Kalau menarik pasti pemerintah pusat bisa membantu semua itu. Ini yang harus dipikirkan,” terang Ibrahim.
 
Pada Verifikasi Renstra Daerah ini selain dihadiri ketua TBUP2D dan anggota, juga hadir tim pengarah Syamsul Bahri Sirajuddin, Arfan Tualle dan pimpinan OPD.

(**/Deden)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *