MAROS – Memasuki hari ke-2, pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru, panitia pelaksana menghadirkan materi Penguatan Kurikulum yang terangkum dalam tajuk Profil Sekolah dan materi Profil Pelajar Pancasila. Kedua materi tersebut esensial mengingat bahwa pemahaman siswa akan orientasi belajar dan tujuan pembelajaran akan mengantarkan mereka dalam mencapai hasil belajar yang maksimal.

Akan halnya dengan materi profil Pancasila, merupakan materi yang sekarang menjadi ikon karakter pelajar Indonesia merupakan misi dari presiden Joko Widodo agar terbentuk karakter pelajar yang pancasilais.

Profil pelajar pancasila terangkum dalam enam muatan karakter yaitu, (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (2) Berkebinekaan global, (3) gotong royong, (4) Mandiri, (5) Bernalar kritis, (6) Kreatif. Ke enam muatan inilah yang dijelaskan secara gamblang oleh Wakasek kesiswaan, Jahidah SE, Ak dalam kegiatan PLS SMAN 9 Maros, Selasa (13/07/2021).

Terkait dengan profil pelajar Pancasila, Jahida berharap siswa baru tersebut dapat menampilkan karakteristik 6 muatan tersebut dalam keseharian mereka nantinya ketika sudah melakoni aktivitas pelajar mereka.

Sementara itu, Adnan Adam M. Pd selaku pembawa materi Profil Sekolah menekankan kepada peserta didik agar mengenal diri dan lingkungannya.”hal utama yang harusnya kalian pahami adalah bagaimana menjalankan aktifitas belajar di sekolah dengan memahami kurikukum” Ketika kalian sudah menerima materi ini maka tidak boleh lagi ada siswa kelas X yang tidak naik kelas, karena semua hal yang terkait sistem kurikulum di sekolah sudah disampaikan”. Ungkap Plt. Kepala UPT tersebut.

Lebih jauh Adnan menstimulus semangat peserta PLS dengan meyakinkan mereka bahwa kurikulum itu ibarat sebuah misi yang akan mengantarkan kalian mencapai cita-cita ataupun visi sebagai pelajar pancasilais.

PLS sendiri bagi siswa baru berlangsung dari tanggal 12-16 Juli 2021. Sehari sebelumnya PLS diadakan serentak se Sulawesi Selatan secara  virtual dan dibuka langsung oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman membuka masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA/SMK/SLB Tahun Pelajaran 2021-2022 se-Sulsel secara virtual, Senin, (12/07/2021).

Pada kesempatan itu, Sudirman Sulaiman menyampaikan penghargaan  setinggi-tingginya kepada kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan PPDB. Menurutnya, PPDB Tahun ini dinilai ya lebih baik dari tahun sebelumnya.

Laporan : Zaenal
KA. Biro Maros_faktualsulsel.com

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *