LUWU UTARA, faktualsulsel.com – Akibat Luapan air yang membanjiri 8 desa di kecamatan Malangke Barat salah satunya adalah Desa Waelawi yang termasuk parah yang mengakibatkan banyak warga yang terserang penyakit gatal-gatal. Minggu (26/09/2021)

Penelusuran tim faktualsulsel ke lapangan Pada hari minggu tanggal 21 september 2021 kami berhasil melakukan wawancara dengan beberapa masyarakat salah satunya adalah kepala dusun Labecce atas nama Aswar menjelaskan kepada kami bahwa desa waelawi ini sudah 4 kali dalam sebulan dan setiap datangnya air itu terus mengalami peningkatan debit.

Salah satu hal yang meresahkan warga adalah air yang menenggelamkan desa kami ini, membuat semua orang kena penyakit gatal-gatal dan sulit disembuhkan karena kami otomatis berinteraksi dengan air, kata Pak Dusun yang kami mintai keterangan lansung di genangan banjir atau di depan rumah beliau.

Menurutnya, Penyakit gatal-gatal ini sudah lama, mulai banjir tahun 2015 hingga sekarang, setiap banjir kami pasti akan merasakan yang namanya gatal-gatal. Bahkan menurutnya setiap orang baru yang datang ke desa Waelawi pada saat banjir pasti juga akan merasakan hal yang sama. Harapan saya mewakili masyarakat desa waelawi agar pemerintah harus memperhatikan masalah ini dengan serius karena ini sudah menyangkut masalah penyakit yang menimpah rata-rata warga waelawi.

Laporan : Hajar Aswad

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.