Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan





Maros,faktualsulsel.com–Tidak Hanya aspek ekonomi, aspek pendidikan juga sementara berbenah dalam pemulihan pendidikan. Berbagai langkah dan upaya dilakukan demi untuk memaksimalkan pemulihan kembali organ-organ pendidikan. Yah, ibarat organ-organ tubuh, organ-organ pendidikan juga sedikit demi sedikit mengembalikan fungsinya setelah lama mengalami ‘kesakitan’ akibat pandemi virus corona. Sedikit demi sedikit organ-organ tersebut dipulihkan untuk mengembalikan stamina optimalnya.

Salah satu langkah preventif yang dilakukan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saat ini adalah dengan menggalakkan vaksinasi di kalangan warga sekolah. Ini sangat penting mengingat bahwa kerumunan yang terjadi di lingkungan sekolah akan sangat berpotensi menjadi faktor resiko terjadinya penularan virus corona hingga membentuk suatu cluster baru.

Dalam ilmu epidemologi terjadinya suatu penyakit diakibatkan oleh hubungan yang erat antara host/pejamu/manusia, agent/sumber penyakit dan environment/lingkungan. Dengan memberikan vaksin kepada manusia, maka akan membentuk kekebalan tubuhnya (imunitas) terhadap ketertularan dari agent/sumber penyakit tersebut. Dengan sendirinya, lingkungan tempat tinggal host tersebut akan menjadi lingkungan yang tidak memberi ruang berkembangnya agent penyakit dan hingga akhirnya populasi manusia dalam lingkungan itu akan membentuk kekebalan kelompok (herd imunity). Terbentuknya herd imunity ini merupakan salah satu tujuan dari kebut vaksinasi yang sementara marak digalakkan oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Guna mendukung program tersebut, SMAN 9 Maros bergerak bersama Dinas Pendidikan Provinsi untuk mendukung penuh program tersebut. Berbagai kegiatan vaksinasi baik itu diadakan di lingkungan sekolah maupun yang diadakan di luar sekolah telah dilaksanakan dengan hasil yang menggembirakan. Vaksinasi yang diadakan di luar lingkungan sekolah seperti vaksinasi yang diadakan oleh Wira Kresna Polda Sul-Sel kerjasama Dinas Pendidikan Provinsi medio 28 September 2021 di SMAN 15 Makassar, hingga mengikut sertakan siswa-siswinya untuk program “Keroyok vaksin” yang diadakan oleh Polres Maros di SMKN 1 Maros 1 Desember 2021. Begitupula vaksinasi yang diadakan di lingkungan sekolah baik itu melalui program pemerintah provinsi hingga bergabung dalam bakti Sosial TNI Maros melalui program “Serbuan Vaksinasi”. Serentetan kegiatan vaksinasi itu telah memperoleh hasil yang menggembirakan dengan pencapaian prosentas sekitar 90% siswa yang telah di vaksin dari 720 populasi siswa di sekolah tersebut.

Adnan Adam M. Pd, selaku Plt Kepala UPT SMAN 9 Maros dihubungi via whatsapp sangat bersyukur dengan hasil positip usaha yang selama ini telah dilakukan oleh Tim Pemercepatan vaksinasi SMAN 9 Maros. “Kami begitu merasa dihargai ketika ikut program vaksinasi di SMAN 15 Makassar. Membawa tropi penghargaan dari Wira Kresna Sul-Sel menginspirasi kami untuk mempercepat vaksinasi dengan membentuk tim pemercepatan vaksinasi di sekolah. Hasilnya sangat menggembirakan. Prosentase vaksinasi yang hanya 10% sebelumnya kini sudah disekitar 90%. Ini tentu karena kerja keras dari tim yang sudah di SK kan. Terima kasih kepada semua tim termasuk wali kelas yang telah mendukung program vaksinasi ini. Juga kepada semua unsur pimpinan di dinas pendidikan yang selama ini selalu memotivasi kami untuk berbuat” Ungkap lelaki yang selalu tampil fresh tersebut.

Lebih lanjut, Adnan Adam optimis bahwa SMAN 9 Maros akan menyambut awal tahun baru atau awal semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan pembelajaran tatap muka penuh. Herd imunity yang ingin dibentuk di lingkungan sekolah telah terpenuhi dan beberapa sarana prasarana untuk kesiapan tersebut juga sudah mulai dibenahi saat ini. “Mari menyambut tahun baru dengan kesungguhan untuk mengembalikan fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan. Civitas akademik/warga sekolah harus mulai saat ini menyiapkan fisik dan mental untuk menyambut pembelajaran normal sebagaimana yang selama ini mereka sangat dambakan” Ungkapnya menutup pembicaraan.

( zaenal)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *