Maros, FaktualSulsel. com — Pancasila merupakan ideologi pemersatu bangsa yang digali dari akar budaya bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi hingga sekarang, baik nilai-nilai agama, adat istiadat, kebersamaan, keseteraan, keadilan, maupun perjuangan untuk melepaskan diri dari segala bentuk penjajahan.

Nilai-nilai luhur ini mengkristal dalam rumusan Pancasila sebagai perwujudan filsafat kemanusiaan yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan alam sekitarnya. Falsafah Pancasila ini merupakan suatu pandangan hidup yang telah diyakini bangsa Indonesia sebagai suatu kebenaran oleh karena itu dijadikan falsafah hidup bangsa.

Hal ini dijelaskan Kapolsek Tompobulu AKP Sunardi SH MH pada saat menjadi Pembina Upacara Bendera hari Senin tanggal 7 Februari 2022 di SMP Negeri 21 Tompobulu Kec Tompobulu Kab Maros, Senin (07/02/22).

Nilai nilai Pancasila harus ditanamkan kepada para siswa guna mendidik siswa agar mengetahui bahwa Falsafah Pancasila meliputi nilai untuk hidup saling tolong menolong atau semangat gotong royong, rukun, saling menjaga keamanan dan pertahan serta saling menghargai dan memberi kebebasan beragama, dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta untuk menjaga keutuhan NKRI, “tandas Kapolsek

Kepala SMP Negeri 21 Tompobulu H. Hamzah, S.Pd,.M.Pd waktu dikonfirmasi, “mengucapkan terimakasih atas kesediaan Kapolsek Tompobulu untuk menjadi Pembina pada Upacara Bendera yang sekaligus memberikan petuah kepada murid SMP Negeri 21 Tompobulu demi kebaikan anak didiknya.

Dalam kegiatan belajar yang sudah tatap muka diharapkan siswa tetap mematuhi protokol kesehatan, mengikuti program vaksinasi untuk mendapatkan kekebalan tubuh sehingga bisa memutuskan mata rantai penyebaran COVID 19, serta jika siswa mau berhasil harus disiplin, patuh dan taat kepada guru terkhusus lagi harus menghormati orang tuanya, pungkas Kapolsek Tompobulu.
Sumber : Humas Polsek Tompobulu

Laporan : Zaenal

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.