Tana Toraja, faktualsulsel.com- Merespon kerjasama yang dibangun oleh Polri dengan PBNU dan Kemenag RI yang bertajuk 1 Juta Vaksinasi jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Polres Tana Toraja kembali menggelar Vaksinasi, dengan tajuk Vaksinasi 1 Juta Dosis, di gedung Tammuan Mali, Makale,, Kamis (21/04/2022).

Vaksinasi Covid -19 yang di gelar ini, bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Tana Toraja, dan Kemenag Tana Toraja.

Ketua PC NU Tana Toraja H. Ahmad Toago nampak hadir pada acara pembukaan vaksinasi tersebut, di dampingi oleh Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi, SIK, MH, begitu pula dari Kemenag Tana Toraja, mengutus H. Thamrin Lodo.

Vaksinasi yang digelar jelang Idul Fitri 1443 ini untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik yang diperkirakan akan meningkat di tahun 2022 ini, mengingat selama 2 tahun terakhir arus mudik hari raya di batasi.

” Ini salah satu bentuk pelayanan vaksinasi dalam mengantisipasi lonjakan arus mudik, warga yang akan keluar maupun yang akan masuk di Tana Toraja itu dipastikan telah di bekali dengan vaksin yang lengkap, vaksin 1, 2 dan vaksin booster, sebagaimana yang diharapkan pemerintah yang menyebutkan bahwa masyarakat sudah dapat merayakan hari raya Idul Fitri seperti sebelumnya namun tetap wajib di bekali dengan vaksinasi yang lengkap “. Sebut Juara Silalahi, Kapolres Tana Toraja, saat di konfirmasi di gedung Tammuan Mali.

Lanjutnya lagi, ” Vaksinasi yang berlangsung di gedung Tammuan Mali ini, kami bekerjasama dengan PC NU Tana Toraja, dan Kemenag Tana Toraja, dan terimakasih kami untuk beliau, Ketua PC NU Tana Toraja, H. Ahmad Toago, yang hadir bersama – sama ditempat ini, begitu juga dengan H. Thamrin Lodo, dari Kemenag Tana Toraja yang turut hadir bersama kita menyaksikan jalannya vaksinasi untuk masyarakat “.

Untuk memberikan pelayanan vaksinasi yang maksimal, Polres Tana Toraja melibatkan Tim Vaksinasi Polres Tana Toraja, Tim Nakes dari RS. Sinar Kasih, Tim Kesehatan dari Kodim 1414 Tator.

Nampak pula hadir bersama Kapolres, Danramil 01 Makale, Lettu Inf. Alwi Borong, Kadis Dinkes Tana Toraja dr. Ria Minoltha Tanggo dan Kabid Yankes, dr. Mardaria Patioran.

Informasi yang dihimpun dari Tim Vaksinasi Polres Tana Toraja, Aipda Yustina Kartika, yang menyebutkan bahwa Vaksinasi yang bertajuk 1 Juta Vaksinasi Dosis akan berlangsung dari tanggal 21 April s.d 23 April 2022, melayani vaksinasi dosis I, dosis II dan Vaksin Booster, dengan kategori umur 6 – 11 tahun untuk vaksin anak, dan kategori umur 18 tahun keatas untuk vaksin dewasa.

Vaksinasi yang berlangsung di Gedung Tammuan Mali ini merupakan kesempatan bagi warga untuk mendapatkan ataupun melengkapi vaksin yang telah didapatkan.

” Iya, ini kesempatan bagi warga untuk melengkapi vaksinnya, tujuannya agar perayaan Idul Fitri 1443 dapat berjalan dengan baik tanpa mengakibatkan terjadinya lonjakan penderita Covid -19, untuk itu saya sebagai Kapolres Tana Toraja mengajak setiap warga untuk datang ke Gedung Tammuan Mali, jangan lewatkan kesempatan ini dan lengkapi vaksin anda, karena vaksin telah terbukti mampu menjaga kita dari bahaya penyebaran Covid -19 “. Himbau Juara Silalahi.

Menjawab pertanyaan vaksinasi yang dilaksanakan di saat warga muslim sedang berpuasa, Juara Silalahi katakan bahwa vaksin yang dilaksanakan di siang hari itu tidak membatalkan puasa.

” Merujuk pada hasil Bathsul Masail yang menyebutkan bahwa vaksin di siang hari itu tidak membatalkan puasa “. Sebutnya yang merujuk pada keputusan Bathsul Masail.

Bathsul Masail merupakan forum yang berada dalam tubuh Nahdlatul Ulama yang membahas masalah – masalah yang belum dalilnya.

Sebagai perbandingan, Jelang Idul Fitri 1443 H, jumlah penderita Covid -19 di Tana Toraja disebutkan oleh Kadis Dinkes dr. Ria Minoltha Tanggo sebanyak 6 orang.

” Iya benar, sampai saat ini, jumlah penderita Covid sebanyak 6 orang, rinciannya, 1 penderita dirawat di RSUD Lakipadada dan 5 penderita lainnya sedang isolasi mandiri “. Ujar dr. Ria Minoltha.

Informasi terakhir, hari pertama Vaksinasi 1 Juta Dosis di gedung Tammuan Mali, sebanyak 167 orang yang mendapatkan vaksinasi.

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.