Bungoro, faktualsulsel.com — masyarakat tabo-tabo ramai – ramai mengadakan pesta rakyat adat mappadendang yaitu pesta panen, setelah hampir kurang lebih 10 tahun masyarakat desa tabo-tabo tidak pernah melaksanakan pesta adat mappadendang dan baru pada tahun ini Alhamdulillah masyarakat desa tabo-tabo kembali adakan pesta adat mappadendang, yang merupakan pesta adat turun temurun.

Pesta adat Mappadendang tersebut berlangsung di lapangan dusun 1 Desa Tabo-tabo, kec. Bungoro, Pangkep, pada Kamis, 19 Mei 2022

Dalam pelaksanaan ini masyarakat desa tabo-tabo tumparau, meramaikan pesta adat ini yang pemerintahan desa tabo-tabo mengadakan tempat terbuka di lapangan tabo-tabo.

Pesta adat ini diawali doa bersama dan dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci AlQur’an lalu acara ritual adat mappadendang oleh tokoh adat tabo-tabo.

Pada pelaksanaan pesta tersebut dihadiri oleh bapak Bupati Pangkep yang diwakili oleh staf ahli dan Camat Bungoro Hasriadi s.sos, danramil Bungoro Mayor Inf. M Tahir, serta Tokoh agama, adat pemuda dan pemudi.
Kepala desa tabo-tabo Hairil Anwar s.sos MM.

Dalam sambutan pada acara ini menyampaikan upacara terima kasih kepada tamu hadirin dan masyarakat desa tabo-tabo atas kehadiran acara pesta adat ini, semoga pelaksana ini berlangsung aman, kepala desa meminta kepada masyarakat tabo-tabo semoga dapat meningkatkan acara bercocok taman yang baik agar peningkatan hasil panen kita meningkat setiap tahunnya dan insya Allah pesta adat mappdendang ini kita dapat melaksanakan setiap tahunnya.

Masih dengan kaitan ini acara Bupati Pangkep yang diwakili oleh staf ahli mengapresiasi acara pesta adat mappadendang desa tabo-tabo, semoga tahun berikutnya acara desa ini tetap diadakan yang selanjutnya bapak Bupati Pangkep atau yang diwakili, membuka secara resmi acara adat ini dengan ditandai pemukulan gong tanda dimulainya acara adat mappadendang desa tabo-tabo, dan dirangkaikan dengan acara mappadendang dan pancat silat dan tarian lainnya

( Deden )

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.