Maros,faktual Sulsel.com —
Hari ini Minggu tanggal 5 Juni 2022 ssekitar jam 14.00 WITA telak dilaksanakan percobaan pemakaian pupuk jenis Phonska Plus( plus kandungannya plus panennya) dan Pupuk ZA Petro(N.21 0/0 dan S.24 0/0) yang dipandu langsung Ka.Cabang pT.Pupuk Indonesia Sulsel Akmal.L Kepala Dusun baru M.Syamsir.S.Pd.I.petuga PPL bontomanurung Muklis.S.Pt ketua kelompok tani dusun baru.

Rusli serta Pimred majalah cetak dan on line faktual Makassar Subardi bertempat disalah satu titik tanah yaitu tanaman jagung dan padi disusun baru.
Akmal.l saat ditemui wartawan dilapangan yang juga ka.cang PT.pupuk Indonesia cabang SulSel menjelaskan dengan tegas menyampaikan bahwa pupuk za Petro yang memproduksi hanyalah Petrokimia Gresik bahwa pupuk za Petro ini mempunyai kadar nitrogen Min 20,8 0/0 sedang kadar sulfur nya Min 23,8 0/0 dengan sifat tidak hydroscopys dan mudah larut dalam air,sedang untuk pupuk NPK Phonska Plus mempunyai spesifikasi tidak kalah juga dengan kandungan sbb:
Nitrogen. 15 0/0
Fosfat. 15. 0/0
Kalsium. 15. 0/0
Sulfur 9. 0/0
Zink. 200 PPM

Dengan sifat larut dalam air warna putih( Natura white) dalam kemasan 25 kg.
Masih kata Akmal dengan memakai dua jenis pupuk ini Syah Allah tanaman yang telah diberikan pupuk kelihatan subur yah kita lihat sendiri tanaman yang sudah dipupuk dengan jenis Phonska Plus dan PupukZA Petro.sangat beda dan subur tambahnya.

Sedang kamdusun baru desa bontomanurung M Syamsir S PD I yang juga sebagai kepala sekolah dan ketua TPA dusun baru desa bontomanurung menjelaskan sangat menyambut baik dengan ucapan terima kasih kepada PT Pupuk indobesiayang telah melakukan percobaan didaerah saya dengan harapan berkesinambungan jangan berhenti sampai disini maju terus dan terima kasih karena dusun baru digunakan sebagai. Pilot proyek yang pertama kalinya.jelas.

Petugas PPL desa bontomanurung Muklis D.Pt saat ditemui dilapangan ditengah kesibukannya dengan tegas menyampaikan inilah demplot yang saya tunggu2 yang akhirnya bisa terwujud dengan harapan hasilnya nanti ya kita lihat bersama tanaman yang belum diberikan pupuk dan tanaman yang sudah diberikan pupuk jelas beda kalau gagal saya sebagai petugas PPL juga gagal,tegas.
Ketua kelompok dusun baru M.Rusli saat ditemui dirumahnya menjelaskan bahwa pelaksanaan demplot memang ini yang saya tunggu tapi kalau saya udah sangat yakin dan sudah ada buktinya keberadaan pupuk ini pasti berhasil sesuai harapan kita bersama tidak mungkin harga pupuk yang sanga relatif murah hanya Rp. 16.000 di oer kg tidak menbuahkan hasil yakin hasilnya pasti beda dan melimpah. Tambahnya
Semoga dengan adanya demplot ini disalah satu titik tanaman jagung dan padi akan merubah di hasi km bisa panenan bisa berlipat lipat ganda dan anggota kelompok tani lainbisa ikut menggunakan pupuk pnk Phonska Plus dan Pupuk ZA Petro dari Petrokimia Gresik dan ini yang menjadi tanggung jawab petugas PPL dan kelompok tani untuk bekerja keras dan bertanggung jawab. ( M.rusli)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.