Gowa,faktualsulsel.com
Hari ini Selasa tanggal 28 Juni 2022 faktual Makassar. Mengunjungi pengusaha batu merah yang terletak di kampung Cambaiya Gowa dan diterima langsung oleh Jasmin selaku penanggung jawab usaha batu merah ditempat itu.
Dan Jasmin menjelaskan bahwa saat ini kami masih tetap sebagai pengusaha pabrik tahu kebetulan saya sudah mendapatkan tenaga atau karyawan yang menangani khusus pabrik tahu.
Masih Jasmin dengan keterus terangan menuturkan kepada faktual bahwa saya mencoba mau belajar menjadi pengusaha batu merah itu. Semua berkat masukan2 dari teman dan tetangga bener gak rugi kalau menjadi pengusaha batu merah tambahnya.
Dan akhirnya baru sekitar 15 hari yang lalu memutuskan untuk pengusaha batu merah dengan modal semangat dan ke beranian saja insyah Allah saya bisa dan mampu.
Masih Jasmin dapat kami kemukakan bahwa awal sebelum kita mencetak batu merah kita mempersiap sebidang tanah dengan jumlah 1 truck sekita 5 kubik Tanah dengan harga sekitar 600 ribu rupiah dicampur dengan air memakai alat tracktor sampai menjadi tanah liat sesudahnya dicetak sesuai ukuran yang sudah ada dalam satu harinya bisa mencetak sekitar 1500 biji batu setelah kering disusun dan hingga saat ini sudah mencapai sekitar 10.000 ribu batu merah.
Faktual mencoba menemui petugas/ tukang yang sehari hari mencetak batu merah dg.Jarum menuturkan bahwa setiap harinya bisa mencetak 1500 biji dengan upah setiap seribunya 60.000 ribu rupiah.Masih dg.jarum menuturkan bahwa setiap mencampur tanah menjadi tanah liat yang siap dicetak menjadi batu merah sebesar 60.000 rupiah.belum lagi udah batu yang udah kering setiap seribunya disusun dengan biaya 20.000 rupia.jelas.
Masih Jasmin pengusaha pabrik tahu dan sekarang belajar menjadi pengusaha batu merah menjelaskan bahwa nanti setelah mencapai sekitar 40.000 baru bisa diadakan pembakaran dia juga menyampaikan bahwa harga batu merah disi setiap satu bijinya harga 600 rupiah ambil ditempat dan harga 900 s/d 950 rupiah terima. Ditempat perbijinya
Ada juga pengusaha umpama mau menjual batu merah mentah dengan harga sangat rendah hanya sekitar 250 rupiah perbiji jadi sangat murah sekali, tapi juga menyampaikan bahwa harga batu merah sewaktu waktu berubah tidak tetap jelas pada Faktual ( gali dan dg.ngale)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.