Pangkep, FaktualSulsel. com – Tim Pendamping Masyarakat Ahli (TPM – A) Strategic Irrigation Modernization And Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) laksanakan penguatan kapasitas bagi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Desa Batara Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep.

Pelaksanaan penguatan kapasitas TPM – A SIMURP berlangsung di Baruga Sayang kantor desa Batara pada Selasa 27 September 2022.

Para peserta akan diberikan materi pelatihan yang disampaikan meliputi penguatan kelembagaan P3A/GP3A/IP3A, pengelolaan OP jaringan tersier, menentukan tata tanam dan pola tanam.

Pertemuan dihadiri kepada desa Batara Muh. Arham, S.Pi, staf-staf desa, Dinas PU Muh. Hidayat ST, Erwin, Arifuddi Angga, dan Dinas Pertanian Koord BPP Kecamatan Labakkang Hj. Kasmawati, PPL Salwah, SP, Andi Karismah dan TPM Ma’ruf Jalal, S.Pd.

Tampil sebagai fasilitator TPM – A SIMURP dengan para peserta dari anggota dan pengurus kelompok P3A Desa Batara.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara Kepala desa Batara Muh. Arham, S.Pi, mengharapkan agar melalui pelaksanaan penguatan kapasitas pada hari ini dapat terjadinya peningkatan kapasitas untuk SDM dari pengairan ini.

Muh Arham juga berharap semoga dengan diadakannya kegiatan ini petani dapat meningkatkan hasil produksinya pertanian secara kualitatif dan kuantitatif, sekaligus sekaligus untuk dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Harap Arham.

Penguatan kapasitas dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab/diskusi, oleh TPM yang dipimpin Ma’Jalal, S.Pd membahas materi Kelembagaan, dengan pokok bahasan penguatan kelembagaan P3A GP3A IP3A, meliputi sub pokok bahasan 1. Penguatan dalam aspek organisasi dan keuangan, 2. dministrasi organisasi, 3. Penguatan aspek jejaring/kemitraan dalam rangka UEKP P3A.

Sementara materi irigasi yang disampaikan pemateri dari dinas PU yang dipimpin oleh Muh. Hidayat, ST membahas tentang pokok bahasan pengelolaan op jaringan tersier, meliputi pengertian operasi jaringan irigasi, pengertian pemilihan jaringan irigasi, kegiatan op jaringan tersier.

Sedangkan pemateri koordinator BPP Dinas Pertanian Kecamatan labakkang yang dipimpin oleh Salwah, SP menyampaikan materi pertanian dengan pokok bahasan menentukan tanaman dan pola tanam meliputi sub pokok bahasan menentukan tata tanam, menentukan dan menyusun pola tanam.

Deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.