Pangkep, FaktualSulsel. com – Desa Biringere yang saat ini Fenomenal, indah dan permai dan sedang viral serta menjadi sorotan warga masyarakat sekitar semakin menjadi alternatif tempat melangsungkan berbagai kegiatan masyarakat dan pemerintah di daerah ini.

Kali ini Desa Biringere menjadi tempat pelaksanaan acara lomba Hari kesatuan gerak (HKG) Tim Penggerak PKK ke-50 tingkat Kabupaten Pangkajene dan kepulauan tahun 2022 yang kebetulan ditunjuk sebagai Desa yang akan mewakili Kecamatan Bungoro sekaligus Kabupaten Pangkep ke tingkat selanjutnya yang lebih tinggi lagi.

Tim penilai TP PKK Kabupaten Pangkep disambut Pemerintah Desa di lokasi andalanya yang saat ini semakin terkenal dengan Destinasi dan Kebun Wisata Desa Biringere Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkajene dan kepulauan, pada Kamis 29 September 2022.

Acara dihadiri Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pangkep Hj. Mustabsirah Syam, M.Si mewakili Ketua Hj. Nurlita Wulan Purnama bersama segenap Jajaran TP PKK Kabupaten Pangkep, Camat Bungoro Hasriadi, S.Sos beserta Jajaran TP PKK Kec. Bungoro, Danramil Bungoro Kapt. Inf. Muh. Tahir T., Kapolsek Bungoro Kompol Andi Alamsyah, Kepala KUA Muslimin Gani, S.Ag, Kepala Desa Biringere Muh. Syawir.

Dalam sambutannya Camat Bungoro Hasriadi, S.Sos mengatakan bahwa Hari kesatuan gerak PKK yang ke-50 tingkat Kabupaten Pangkajene dan kepulauan yang ditempatkan di desa biringere Kecamatan Bungoro ini adalah gerak terpadu dari semua elemen masyarakat yang ada di wilayah kecamatan Bungoro terlebih lagi dan terkhusus elemen masyarakat desa Biringere, sebab sesungguhnya persiapan dari awal itu betul-betul kami berusaha sampaikan bahwa kita mulai dari nol namun karena ketentuan tadi, kebersamaan kami di sini Alhamdulillah pada hari ini kami nyatakan kami siap untuk diberikan arahan, diberikan pembinaan sekaligus mungkin kami dinilai hal-hal apa yang untuk selanjutnya kami tingkatkan.

Ditegaskan Camat Bungoro Hasriadi, kami juga ingin sampaikan kepada pengurus tim penggerak PKK Kabupaten Pangkep bahwa Desa Biringere Kecamatan Bungoro siap untuk mewakili Kabupaten Pangkep maka kita berada di sini.

Kepada Pengurus TP PKK menurut Hasriadi, sekiranya mungkin dari 10 program pokok PKK dan kami siap untuk mewujudkan lebih dari itu, betapa kami sangat bersyukur dan berbangga diberikannya kesempatan kepada kami untuk berperan aktif mendukung Dasa cita Pemerintah Kabupaten Pangkep yaitu Pangkep hebat.

Jadi tadi kami semua yang hadir di sini tidak setengah hati. Ibu-ibu yang hadir di sini khususnya pengurus PKK desa Biringere…dan tentu itu tidak lepas dari restu dari bapak-bapak yang ada di rumah masing-masing, jadi sungguh sebagai suatu keterpaduan dan kerjasama baik sehingga Alhamdulillah pada hari ini kami nyatakan siap untuk dinilai, tandas Hasriadi.

Sementara dalam sambutan kepala desa Biringere Muh. Syawir mengatakan bahwa segenap perangkat Pemerintah desa dan masyarakat Biringere mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dari provinsi dan kabupaten di desa Biringere ini dengan slogan Biringere Madani yang memiliki arti bahwa di Biringere telah tercipta sebuah peradaban tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan yang majemuk melalui semangat gotong royong membangun desa mengedepankan musyawarah mufakat untuk mengambil langkah langkah strategis dalam percepatan pembangunan menuju Desa mandiri aman damai dan indah.

Lanjut Syawir bahwa Desa Biringere telah mampu mendongkrak status dari Desa sedang berkembang sudah menjadi Desa maju berdasarkan indeks membangun desa IDM Tahun Anggaran 2022 itu tak lepas dari sinergitas yang kami lakukan kepada seluruh stakeholder masyarakat Biringere yang hebat luar biasa, dan terkhusus kepada manajemen PT Semen Tonasa yang tak henti-hentinya mensuport dan berkontribusi penuh terhadap arah pembangunan desa Biringere.
Menurut Syawir terkait keikutsertaan Desa kami pada kegiatan lomba Hari kesatuan gerak PKK ke-50 tahun atas nama Pemerintah desa dan masyarakat Biringere mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala Kecamatan Bungoro yang telah mempercayakan desa Biringere sebagai peserta lomba diantara 8 Desa Lurah Se Kecamatan Bungoro.

Ditambahkan Muh. Syawir bahwa apa yang Bapak Ibu tim penilai liat di lapangan secara aktual bukan karena adanya kegiatan lomba HKG TP PKK ke-50 kami berbenah tapi memang riil sebelumnya telah kami lakukan terobosan-terobosan serta inovasi dalam mempercepat proses pembangunan di desa baik peningkatan sumber daya manusia maupun memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dianugerahkan oleh pencipta semesta alam untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Biringere.

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Pangkep Hj Nurlita Wulan Purnama yang diwakili oleh wakil ketua Hj. Mustabsirah Syam, M.Si dalam sambutan, kami bangga sekali dengan sambutan yang luar biasa seperti ini untuk kunjungan Kecamatan sebelumnya, ini adalah yang paling meriah buat kami dari tim penggerak PKK Kabupaten.

Lanjut Hj. Mustabsirah, terlepas dari kegiatan kami kunjungan tim penggerak PKK Kabupaten untuk kegiatan pemilihan pada lomba dalam rangka hkg TP PKK ke-50 yaitu ulang tahun untuk PKK kami datang di sini sebenarnya bukan hanya tujuan untuk menilai kami datang ke sini adalah kunjungan bagaimana kita semua bisa melakukan pembinaan untuk terkhusus untuk tim penggerak PKK Kecamatan Bungoro dan desa Biringere, pembinaan serta monev untuk kegiatan-kegiatan 10 program pokok PKK walaupun sebenarnya kami sudah membagikan atau menginformasikan terlebih dahulu terkait juknis apa-apa yang akan kami lombakan dalam rangka hari ke-50 tahun ini.

Menurutnya, hal menarik saat kami masuk ternyata ini saya secara pribadi di sini ternyata adalah desa wisata sedang tertarik dengan apa yang ada di belakang kami. Saya orang Pangkep asli tapi baru kali ini ada tempat seperti ini luar biasa sekali buat kami. Mungkin bukan cuma saya ada beberapa ibu-ibu dan anggota tim penggerak PKK Kabupaten ini kami perhatikan kami berkunjung ke sini Ini arahnya pasti ke sana, kata Mustabsirah.

Katanya lagi, Ini adalah salah satu aset yang sangat mendukung untuk menjadi desa wisata baik di tingkat kecamatan kabupaten dan tingkat di atas lagi kemudian bukan karena itu berhadapan dengan kebun wisata yang sangat luas, kalau di desa bisa disebut kebun wisata tapi bagi kami ini kebun PKK ini luas sekali. Menurut kemarin-kemarin kami menilai beberapa Kecamatan yang mungkin luasannya sekitar 10 meter persegi, ini ternyata luar biasa luas sekali.

Selanjutnya oleh Hj. Mustabsirah, kami akan jadikan ini laporan khusus untuk ketua tim penggerak PKK bahwa di Kecamatan Bungoro khusus di Biringere ini ada yang bisa dimanfaatkan nanti kami dari tim Kabupaten sama-sama ya kita meminta Desa ini untuk menjadikan kebun PKK dan selanjutnya menjadi kebun wisata apa-apa yang jadi indikator dari kebun PKK yang bisa kita kolaborasikan dengan Desa terkait untuk menjadikan kebun wisata terkhusus di desa Biringere.

Yang menjadi tujuan kami hari ini tambahnya adalah kami ingin meliput kelompok dasar wisma melihat apa-apa yang sudah diterapkan tim penggerak PKK terkhusus di desa Biringere terkait 10 program pokok PKK dari 10 program pokok PKK ini kami ada lima lomba yang akan dinilai hari ini yang pertama adalah lomba administrasi dasawisma.
Dari 10 program pokok PKK kami punya tim dar sekretariat Pokja 1 2 3 dan 4 dengan tim ini punya masing-masing indikator penilaian

ditekankan Hj. Mustabsirah, Pokja 1 ingin melihat apa yang menjadi kelompok lanjut usia produktif, Pokja 2 tentang up2k, Pokja 3 aku hatinya PKK, Pokja 4 terkait kegiatan-kegiatan kesehatan yang ada di masyarakat ya itu Posyandu HI.

Mustafsirah berjanji akan membantu mempublikasikan Destinasi Wisata Batu Payung ini lewat sosmed dan Instagram dari para pengurus dan anggota.

Tambah Hj. Mustabsirah, terkait juknis kesehatan apa yang kami harapkan di sini sebenarnya hanyalah kita sering terkait kegiatan terkait kegiatan PKK tidak ada intervensi kita hanya ingin melakukan pembinaan jika ada yang kurang kami akan memberikan masukan.

( Deden )

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.