PANGKEP, FaktualSulsel. Com – Pemerintah lintas sektoral Kecamatan Pangkajene turun langsung ke masyarakat untuk melakukan operasi dalam rangka penanganan dan pencegahan stunting diantaranya pemberian bantuan bagi balita diduga kurang gizi dan pengambilan sampel air di Depot-depot yang ada untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Kegiatan yang merupakan operasional rutin tersebut kali ini dilaksanakan di kelurahan Pabbundukang kecamatan Pangkajene kabupaten pangkep, pada Selasa 7 November 2022.

Pemberian bantuan bagi balita yang diduga kurang gizi didatangi rumah keluarga dan diberikan berupa biskuit dan susu dan pengambilan/pemeriksaan sampel air dari 3 depot air isi ulang galon untuk diperiksa di laboratorium apakah layak atau tidak, oleh para petugas Puskesmas Kota Pangkajene.

Operasi ini melibatkan Puskesmas kota Pangkajene dipimpin Firmawati Absyam, SKM bidang gizi mewakili drg. Nursyamsi, SKG beserta jajaran ditambah bidan desa 2 orang, camat Pangkajene Andi Wirawan, SE, Lurah Zulfikar Ali Akbar, Babinsa Babar, Babinkamtibmas Wahyu.

Menurut Bu Nurul dari bidang seni tarian Puskesmas kota Pangkajene, pihaknya memeriksa Depot Ikram yang sudah ke 2 kali, saat ini yang diperiksa itu airnya untuk melihat ecoli sama polifon. Menurutnya ecoli itu berwarna biru yang merupakan sudah terkontaminasi dengan kotoran manusia sedangkan polifon itu adalah jenis kuman.

Dilanjutkan Nurul bahwa yang diperiksa adalah airnya adalah layak cuma yang penggunaan selangnya yang masih belum memenuhi syarat, pada pengisian galon itu masi memakai selang yang seharusnya langsung saja dari alat/mesin ke galon.

Sedangkan Depot Andika airnya memenuhi syarat, karena ini dulunya sama memakai selang juga kali ini sudah tidak, selama ini tidak pernah memenuhi akhirnya sekarang ini memenuhi syarat karena kali ini sudah tidak memakai selang lagi jadi sudah memenuhi syarat karena langsung dari mesin.

Demikian juga Depot Nirwana ditemukan telah memenuhi syarat, sudah tidak memakai selang tambahan lagi. Tutupnya.

Camat Pangkajene Andi Wirawan, SE yang lebih akrab disapa Andi Wawan ini mengatakan bahwa kegiatan operasi ini rutin kami adakan dan harus dilakukan secara dadakan untuk lebih efektif dan akurasi hasil dan temuan di lapangan.

Menurut Andi Wawan, pihak kami dan jajaran bertanggung jawab mengawal dan mendampingi tim sebagaimana biasanya untuk kelancaran dan suksesnya kegiatan operasi ini, sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep atau yang lebih tepatnya mendukung suksesnya program Bupati dan Wakil Bupati Pangkep dengan visi misinya, diantara dari pada 10 dasa cita pakai hebat, tuturnya.

Deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.