Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


faktualsulsel.com-Parepare — Kapolres Parepare AKBP. Andiko Wicaksono, SIK, meresmikan Bank Sampah Unit Bhayangkari Cabang Parepare, sebagai dukungan pada Program Pemerintah ” Gerakan Indonesia Bersih “. Rabu (24/05/2023).

Bank Sampah yang di kelola oleh Bhayangkari Cabang Parepare ini nantinya menerima tabungan sampah organik.

Dalam hal pemberdayaan sampah organik yang nantinya bernilai ekonomis, Bank Sampah Unit Bhayangkari Cabang Parepare bekerjasama dengan Pegadaian Parepare dengan mengusung tema MengEmaskan Sampah Untuk Indonesia, selain dengan pihak pegadaian, pihak kelurahan ujung baru kec. Soreang juga menjadi penopang dari Bank Sampah Unit Bhayangkari Cabang Parepare ini.

Perlu diketahui, Bank Sampah merupakan sebuah konsep pengumpulan sampah kering yang dipilah, Bank Sampah memiliki manajemen layaknya Perbankan, jika diperbankan yang di tabung adalah uang, maka di Bank Sampah yang di tabung adalah sampah.

Setiap orang yang menabung di Bank Sampah disebut Nasabah yang memiliki buku tabungan.

Nasabah dapat meminjam uang, dan mengembalikan pinjaman dengan menggunakan sampah seharga uang yang di pinjam.

Sampah yang di tabung oleh nasabah, di timbang dan dihargai dengan sejumlah uang yang nantinya akan di jual di pabrik yang bekerja sama dengan Bank Sampah tersebut.

Tujuan dari di bangunnya Bank Sampah adalah untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat memperoleh nilai ekonomis langsung dari sampah, selain itu tidak hanya dari sisi ekonomi, melainkan juga bertujuan untuk pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

Kapolres Parepare AKBP. Andiko Wicaksono berharap dengan hadirnya Bank Sampah Unit Bhayangkari Cabang Parepare ini mampu mengedukasi warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, aman dan nyaman, sekaligus menjadi sumber pendapatan tambahan yang di peroleh dari pengelolaan sampah.

” kita dukung ” Gerakan Indonesia Bersih, kita berharap bersama dengan adanya Bank Sampah ini akan mengedukasi banyak orang untuk mengelola sampah menjadi sumber pendapatan tambahan, sekaligus dapat menjadi pelopor lingkungan yang bersih dari sampah, ini sangat positif sekali, kita dukung “. Harap Andiko Wicaksono.

(**/Bahtiar Azis)

Editor : SR. Taggiling

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *