PT. Semen Tonasa Group

faktualsulsel.com-Parepare – Kebakaran lahan kembali terjadi, kali ini berlokasi di Jl. Petta Unga, Kel. Watang Soreang Kec.Soreang, sebidang tanah yang diatasnya tumbuh alang – alang kering telah dilahap api, yang berpotensi dapat mengakibatkan alang – alang kering di sekitar tempat itu dapat juga terbakar dan area kebakaran pun dapat semakin meluas, dan akhirnya dapat pula melebar kepemukiman warga setempat. Selasa (8/8/2023).

Mendapat informasi atas kejadian tersebut melalui media sosial maupun laporan dari Bhabinkamtibmas , Kapolsek Soreang Polres Parepare AKP. H. Muh. Amin, bersama dengan anggota Bhabinkamtibmas, Aiptu Sambar Aipda Abd. Ruslan, mendatangi lokasi kebakaran lahan tersebut, dengan berbekal peralatan seadanya Kapolsek dan Bhabinkamtibmas ini melakukan upaya memadamkan api yang sedang membakar alang – alang hingga api pun dapat di padamkan sepenuhnya.

Dari H. Muh. Amin, di peroleh informasi jumlah kejadian kebakaran lahan yang terjadi selama sebulan terakhir.

“ Sesuai dengan catatan kami, kejadian kebakaran lahan sudah terjadi di wilayah kec. Soreang ini ada kurang lebih sekitar 10 kejadian, dan satu kejadian diantaranya adalah yang barusan kami datangi di Jl. Petta Unga “. Sebut H. Muh. Amin merinci kejadian kebakaran lahan di wilayah Polsek Soreang.

H. Muh. Amin juga menyebutkan dugaan awal penyebab terjadinya kebakaran lahan di beberapa titik.
“ Dari sejumlah kebakaran lahan yang terjadi, dugaan awal pemicunya adalah puntung rokok yang di buang secara sembarangan diatas alang – alang yang kering, puntung rokok itu kemungkinan masih dalam keadaan menyala, sehingga ketika menyentuh alang – alang kering yang kemudian ditambah dengan hembusan angin yang kencang mengakibatkan alang – alang kering ini pun dengan mudah menyala dan membesar “. Katanya menjelaskan.

“ Selain dari dugaan puntung rokok yang dibuang diatas alang – alang kering, dugaan penyebab lainnya adalah kebiasan membakar sampah di area kosong diatas alang – alang kering tanpa memperhitungkan kondisi hembusan angin yang kencang “. Kata H. Muh. Amin lebih lanjut.

Sehubungan dengan kejadian terakhir dan dugaan adanya faktor kelalaian yang menjadi faktor penyebab terjadinya kebakaran lahan di sejumlah titik di wilayah Kec. Soreang, AKP. H. Muh. Amin, selaku Kapolsek Soreang, menghimbau kepada segenap masyarakat untuk lebih berhati – hati dan mempertimbangkan kondisi angin saat akan membakar sampah, begitu pula kepada warga yang perokok, ia minta dengan sangat agar membuang puntung rokok diatas alang – alang kering tidak dalam keadaan menyala.

“ iya, mempertimbangkan kerapnya terjadi kebakaran lahan yang pemicunya di duga karena kelalaian, maka kami dari Polsek Soreang menghimbau dengan sangat kepada segenap masyarakat kita untuk jauh lebih berhati – hati, kondisi angin yang akhir – akhir ini dapat menyebabkan kebakaran besar jika kita lalai, mohon kiranya saudara – saudara saya yang perokok agar tidak membuang puntung rokok diatas alang – alang kering, dan begitu juga saat membakar sampah, tolong sampah yang dibakar itu diawasi, jangan ditinggalkan, di pastikan apinya padam sebelum di tinggalkan “. Pesan H. M. Amin.

(**/Bahtiar A)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *