PT. Semen Tonasa Group

Faktualsulsel.com – Pangkep – Dinas Pendidikan Pangkep dan Media Riset Pendidikan Gelar Bimtek Smart Teaching untuk mempersiapkan Guru Siap Hadapi Tantangan Era Digital– Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era digital, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep bekerja sama dengan Media Riset Pendidikan Pelatihan Formal PT Putri Dewani Mandiri sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart Teaching.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan guru dari berbagai jenjang pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Pangkep Yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta Makai. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pendidik dengan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.
Melalui bimtek ini, para guru diberikan pemahaman mendalam mengenai berbagai platform pembelajaran online, aplikasi edukatif, serta strategi pendidikan . Materi yang disampaikan mencakup solusi menjadi guru profesional, membangun integritas guru diera globalisasi, pendidikan anti korupsi misal: pemanfaatan Google Classroom, pembuatan video pembelajaran, penggunaan media sosial untuk pembelajaran, dll].


Wakil Bupati Pangkajene dan Kepulauan periode 2016–2021 dan 2021–2024. Syahban Sammana, S.H. dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin, diantaranya dia akan memanfaatkan waktunya selama dua bulan memberikan kesempatan kepada sekolah yang ada di Pangkep untuk mengajukan proposal perbaikan infrastruktur sekolah untuk menciptakan kenyamanan proses pendidikan, disamping itu ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak terlibat dalam politik praktis di ajang demokrasi yang akan digelar di Pangkep.
Lebih lanjut Bapak wakil Bupati Pangkep juga menanyakan tentang kelancaran tunjangan dan gaji para guru selama  ia bertugas menjadi abdi Negara.

DR. Sabrun Jamil, S. Pi, MP selaku kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkep mengatakan, “Bimtek Smart Teaching ini dilaksanakan di jenjang SD dan SMP sebagai merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Kita selaku lembaga yang dipercayakan untuk menyiapkan SDM yang unggul para Guru Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan baru, diharapkan para guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi siswa.” Sekaligus menjadi persiapan dalam rangka regenerasi untuk kelanjutan tongkat estafet dunia pendidikan di kabupaten Pangkep.


Para peserta bimtek menyambut positif kegiatan ini. Seorang peserta Bintek dari SMP 4 Labbakan bapak Haris S. Pd , menyatakan bahwa menjadi profesional itu butuh kerja keras, butuh tanggung jawab dan pengorbanan serta integritas yang tinggi. Saya mendapatkan banyak ilmu baru tentang bagaimana memanfaatkan teknologi untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

Kepala Bidang SMP menyampaikan diakhir kegiatan sekaligus menutup kegiatan Bintek Smart teaching menyatakan bahwa dengan terselenggaranya bimtek ini, diharapkan para guru di Kabupaten Pangkep dapat mengimbaskan hasil dari Bintek ini sekaligus menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan. Mereka diharapkan dapat menginspirasi rekan-rekan guru lainnya untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Laporan : Ambo Ase
_Mhuest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *