Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Pangkep, Faktualsulsel.com- Bupati Pangkep H. Syamsuddin Hamid SE, mengunjungi warga korban kebakaran yang terjadi Kamis kemarin di Pulau Podang-Podang Desa Mattiro Dolangang kecamatan Liukang Tupabiring. Bupati Syamsuddin berjanji akan kembali memberikan bantuan berupa rumah sederhana.

Hal itu dikatakan Syamsuddin, yang didampingi Ketua DPRD, Ir. HA. Ilham Zainuddin, serta Sekkab, Drs. Andi Yatrib Pare, saat berkunjung ke Pulau Podang-Podang, Jumat (25/5), pemkab akan kembali menggelar rapat untuk melihat anggaran yang tersedia. Rencananya akan membangun rumah hunian semi permanen sebanyak 7 unit.Hanya saja, ia berpesan agar para korban harus menerima program pemerintah. “Terima saja, kami akan atur untuk kembali,”kata Bupati Syamsuddin kepada para keluarga korban.

Kebakaran terjadi di Pulau Podang-Podang Kamis sekitar pukul 15.00 wita. Kejadian ini mengakibatkan 7 unit rumah permanen terbakar dan kerugian diperkirakan Rp 2,5 miliar.

Menjadi kendala jika terjadi kebakaran di wilayah kepulauan karena tidak ada armada pemadam kebakaran di semua pulau. Sehingga warga dengan alat seadanya mencari sumber air di sunur atau di tepi pantai untuk meredahkan kebakaran itu. Menurut Ny. Aminah, warga lokal, kejadian itu sangat cepat dan untungnya angin tidak bertiup kencang. Ratusan warga dibantu petugas Damkar mendatangi kejadian dan membantu dengan ember untuk menyiram api. Api baru dapat dipadamkan dua jam kemudian.

Untuk penanganan darurat, Dinas Sosial dan badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membantu beras, terpal, alat masak hingga tikar dan selimut. 

Laporan: Abd Muin 

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *