Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


PANGKEP,- faktualsulsel.com – Kabupaten Pangkep meraih prestasi membanggakan, menyusul capaian predikat B hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2020 yang diumumkan dalam ajang SAKIP RB Award 2020 yang dihadiri Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (22/04).

Predikat yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) kepada Pangkep ini, naik satu strip dibanding tahun sebelumnya yang hanya mendapat predikat CC atau cukup.

Dengan capaian ini, Pangkep termasuk satu dari 10 daerah kabupaten/kota di Sulsel yang mendapat predikat B. Beberapa daerah di antaranya masih meraih predikat C atau CC, seperti Barru, Enrekang, Jeneponto, dan Selayar.

Plt Sekda Kabupaten Pangkep, Irdas, SH, menyampaikan rasa bangga dan syukur atas Raihan ini. Prestasi ini, bagi Irdas, merupakan buah dari kerja keras dan kebersamaan semua pihak untuk perbaikan birokrasi di Pangkep. “Kita harap semangat ini terus berlanjut untuk mendapatkan predikat AA atau A,” ucapnya.

Yang terpenting, lanjut Irdas, budaya ini terus dilakukan secara berkesinambungan, agar Pangkep bisa setara dengan kota/kabupaten yang mendapat predikat A. “Kalau ini dicapai maka kepuasan masyarakat secara otomatis meningkat. Tapi, sangat jarang daerah kabupaten meraih prestasi A. Di Sulsel saja, tahun ini tak ada yang bisa meraih A,” ujarnya.

Kategori predikat SAKIP terdiri dari tujuh level dan penilaiannya disusun bersama berbagai lembaga, di antaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Ombudsman, Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan berbagai kalangan akademisi.

Secara umum indikator penilaiannya terdapat beberapa hal, di antaranya efektivitas dan efisiensi pengguna anggaran, kualitas pembangunan budaya kinerja dan birokrasi yang berorientasi pada hasil. “Hal itu digambarkan dalam merencanakan kinerja dan target kinerja, keselarasan perencanaan dan anggaran, pelaporan kinerja, mengelola akuntabilitas kinerja secara terintegrasi dan mengoptimalkan kinerja yang berdampak pada masyarakat.
MenPAN RB, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada pemerintah kabupaten/kota yang telah meraih predikat AA sampai dengan B atas kerja keras untuk memperbaiki birokrasinya masing-masing.
“Sesuai arahan Bapak Presiden RI untuk mencapai reformasi birokrasi, bukan hanya semata penyederhanaan birokrasi. Tapi harus berdampak pada suksesnya peningkatan kualitas sumber daya manusia, ekonomi, dan infrastruktur yang makin adaptif dan cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Tjahjo Kumolo.

(**/Deden)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *