Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


PANGKEP, – faktualsulsel.com-Pelaporan keuangan jadi atensi utama Pemkab Pangkep di 10 tahun terakhir. Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pun kembali dipertahankan di tahun 2021.

Kabupaten Pangkep kembali meraih WTP yang ke-10, Jumat, 28 Mei 2021 melalui video cenfrence di Ruang Bupati Pangkep ke Kantor BPK Provinsi Sulsel. Penghargaan ini disampaikan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulsel, Wahyu Priono kepada Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, Sekda Pangkep Irdas, Ketua DPRD Pangkep Haris Gani beserta PLT Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Muh Asri dan sejumlah Kepala OPD.

Satu yang paling membanggakan dari penghargaan WTP ini, yakni keberhasilan Pangkep meraih WTP secara berturut-turut selama sembilan tahun terakhir, dimulai tahun 2012 hingga 2021. Sedangkan perolehan pertama diraih Pangkep pada tahun 2005 lalu dan putus hingga 2012 lalu.

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau mengatakan keberhasilan Pangkep meraih penghargaan WTP ini adalah ganjaran atas kinerja baik dari semua OPD dalam pengelolaan keuangan mereka.

“Alhamdulillah kita sudah meraih 10 WTP, sembilan diantaranya diraih berturut-turut. Patut kita syukuri keberhasilan ini karena peran penting dari semua OPD utamanya Badan Pengelolala Keuangan Daerah dalam mengawasi pengelolaan keuangan daerah,” katanya usai menerima penghargaan tersebut.

Yusran pun mengungkapkan rasa terima kasih kepada pemerintahan sebelumnya yang mencatatkan keberhasilan dalam pengelolaan anggaran. “Patut kita berikan apresiasi untuk pemerintahan sebelumnya. Kita tentu berharap di periode kedepannya pengelolalaan keuangan kita semakin baik dan terus hebat,” ujarnya.

PLT Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Pangkep, Muhammad Asri menjelaskan Pangkep meraih penghargaan WTP ini atas andil semua OPD dalam pelaporan dan penggunaan anggaran yang sangat tepat dan cepat.

Dirinya pun mengungkapkan capai 10 kali WTP ini berarti telah menyamai capaian dari Kabupaten Gowa dan Provinsi Sulsel. “Alhamdulillah kita saat ini menjadi kabupaten yang bisa meraih 10 WTP dan sembilan diantaranya diraih berturut-turut,” ujarnya.

“Patut pula kita berterima kasih kepada Inspektorat Pangkep yang telah melakukan pengawasan dalam sistem pengendalian internal (SPI) pemerintah kabupaten Pangkep, terutama dalam pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Sekadar diketahui, WTP sendiri merupakan penghargaan tertinggi dari BPK untuk daerah yang dianggap terbaik dan transparan dalam pengelolaan keuangan. Dimana LKPD yang disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Penghargaan ini pun menjadi rebutan bergengsi untuk setiap Daerah.

(**/Deden)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *