PT. Semen Tonasa Group

Makassar, daktualsulsel.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Federasi Serikat Pekerja NIBA KSPSI Sulsel Geruduk Travellers Hotel Phinisi yang terletak di Jln. Lamadukelleng Buntu No.59 Makassar, Rabu (25/08/2021)

Aksi ini dihadiri langsung oleh ketua DPD NIBA KSPSI Sulsel Abd. Muis, SH, Sekretaris Mulyadi Arief, SE, Korlap Irfan Malik dan beberapa anggota NIBA KSPSI yang tergabung, serta dari aparat kepolisian polsek Mariso dan polrestabes makassar turut mengawal pengamanan aksi.

Dihadapan awak media ketua DPD NIBA KSPSI menjelaskan bahwa, ’’hari ini kami menyikapi tuntutan hak pekerja terkait sisa kontrak Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) 5 bulan, dimana pekerja a.n Fahruddin dikontrak oleh pihak hotel selama 12 bulan atau 1 tahun, namun pihak hotel baru melaksanakan kontrak selama 7 bulan dan masih ada sisa kontrak 5 bulan dan hal inilah yang menjadi tuntutan pekerja kepada pihak hotel. Sisa kontrak 5 bulan dikali upah perbulan Rp 4 Juta sehingga nilai tuntutan hak sisa kontrak pekerja a.n Fahruddin Rp 20 juta rupiah’’, Jelas Abd. Muis

’’Bahwa tuntutan sisa kontrak yang dituntut pekerja sudah sesuai aturan UU ketenagakerjaan, dimana salah satu pihak mengakhiri hubungan kerja atau kontrak kerja yang telah diperjanjikan, maka salah satu pihak harus membayar ganti rugi yaitu pihak hotel harus membayarkan sisa kontrak 5 bulan’’, lanjut Abd. Muis.

Bahkan kami sudah mempertegas kepada perwakilan managemen hotel, bahwa apabila pihak hotel tidak bisa membayar kekurangan upah Fahruddin, permintaan kami adalah berikan saja kami barang-barang milik hotel senilai Rp 20 Juta, karena permasalahan ini adalah tanggung jawab hotel, bukan pribadi ini bisa dilihat, namun dari perjanjian PKWT pekerja a.n Fahruddin dengan pihak Travellers Hotel Phinisi’’, Tegas Abd. Muis

’’Pada aksi hari ini, kami hanya menurunkan perwakilan saja untuk mendesak pihak hotel membayar hak sisa kontrak senilai Rp 20 Juta. Apabila tidak ada penyelesaian dari pihak manajemen hotel, Besok kami akan turun lagi untuk melaksanakan aksi unjuk rasa dengan jumlah anggota yang lebih banyak lagi’’, Tutup Abd. Muis.

Laporan : Ulla’ Taruna

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *