GOWA, faktualsulsel.com – Gowa
Semakin hari Semakin bertambah banyak penambang yang beroperasi di kabupaten Gowa, sementara pemerintah tidak ada kepedulian untuk mencegah para pelaku tambang yang diduga tidak memiliki legalitas ijin tambang yang sah dari pemerintah alias ilegal 

Tambang yang beroperasi di kabupaten Gowa semakin  meraja Lela tidak ubahnya dengan jamur yang tumbuh berkembang dikala hujan mulai turun.

Di Kecamatan Bajeng Barat misalnya, ada beberapa tambang yang beroperasi  yang di duga keras tidak mengantongi surat ijin tambang dari pemerintah.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa pemerintah memberikan pembiaran terhadap para pelaku tambang tanpa melalui regulasi yang merupakan syarat untuk melakukan kegiatan tambang.

Di Desa tanabangka kegiatan pengambilan material tanah sudah berjalan beberapa hari dengan dalih pengerukan sawah.

Di lain tempat  media ini  melakukan kompirmasi kepada Kepala Desa Tanabangka Drs Agustus Siala pada hari yang sama (Kamis, 9/9-2021)

Keberadaan tambang yang beroperasi di Desa Tanabangka, memang saya selaku Kepala Desa pernah di beritahukan tetapi saya, tidak mengijinkannya karena itu bukan kewenangan saya tandasnya.

Lanjut Kepala Desa Drs Agustus Siala, kamu ke camat saja,
siapa tahu ada yang bisa membantu kamu untuk memberikan ijin.

Sekarang dia sudah melakukan aktivitasnya, saya tidak tahu apa ada surat ijin tambang yang dikantongi atau tidak wallahuala kata kepala desa.

Laporan : Rahman samad/Idris jm

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.