Pangkep, faktualSulsel.com — Rapat pleno hasil verifikasi lapangan Verifikasi ODF (Open Defecation Free) atau “stop buang air besar sembarangan” Kabupaten Pangkep, oleh tim yang diadakan di Desa Kassiloe, kecamatan Labakkang, Kabupaten pangkep, Kamis 17 februari 2022.

Pleno diikuti oleh seluruh Stakeholder terkait desa staf, perangkat dan aparat Desa tersebut, nampak Ketua BPD beserta jajaran, pengurus Pokja PKK Desa, Babinsa, Babinkantibmas dan lainnya.

Dihadiri Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Pangkep Hj. Herlina, Ketua Forum Kabupaten/kota Sehat Kabupaten Pangkep Andi Abbas, Koordinator evaluasi dan pelapora Drs. H. Bisman, Sekcam Labakkang H. Abd. Rahman, Kapus Labakkang yang mewakili Bidasari, Kepala Desa Kassiloe Suriadi.

Dalam Sambutan Kepala Desa Kassiloe Suriadi berharap agar Desa Kassiloe bisa menjadi Desa ODF seperti desa-desa yang lain dari 4 Desun yang sudah diverifikasi.

Suriadi berpesan kepada warga agar bagi warga masyarakat yang sementara membangun rumah atau yang belum ada MCKnya atau jamban keluarga agar segera menyampaikan kepada pihaknya untuk diberikan solusinya.

Sementara menurut Kapus Taraweang yang wakili Bidadari mengatakan, Desa Kassiloe adalah desa keempat yang didatangi oleh tim verifikasi. Olehnya diharapkan agar semua warga sudah memiliki adab dan tidak ada warga lagi yang membuang air besar secara sembarangan.

Sedangkan menurut Ketua Forum Kabupaten/kota Sehat Pangkep Andi Abbas berdasarkan peraturan yang ada yang dimaksud maksudnya batang kota sehat adalah suatu kondisi kemanten kota sehat nyaman sehat dan nyaman.
Kasdi loe menurut A. Abbas ada di 57

Sekcam Labakkang H. Abd. Rahman disampaikan, terbayang Kasdi loe sudah ada di 4 Dusun terverifikasi ODF.
WC yang ada sekarang agar dijaga dan benar-benaran difungsikan, agar betul-betul membantu warga masyarakat Desa Kasdi loe agar tidak membuang air besar secara sembarangan karena bukan hanya tujuan kesehatan dunia tapi dipertanggung jawabkan kebersihan nanti di akhirat.

Kadis kesehatan Pangkep Hj. Herlina menekankan untuk terus prokes karena meningkatnya data orang positif di Pangkep sekitar, Vaksin untuk mencegah setidaknya mencegan dan menghindari kemungkinan terburuk, ODF menjaga kesehatan, Menjaga kebersihan, berdasarkan agama kebersihan sebagian dari iman, dan menerapkan budaya siri atau malu.

Hj. Herlina mengajak semua, mari kita membangun Jamban keluarga untuk hidup bersih dan sehat, sebaiknya semua sadar untuk membangun jamban, jangan semuanya berharap kepada pak desa, yang mampu seharusnya membangun sendiri, kecuali yang tidak mampu nanti yang di bantu oleh pak Desa.

Semua itu bisa terwujud atas kerjasama semua pihak, pak desa tidak mungkin bekerja sendiri tanpa dibantu oleh para warga dan tokoh masyarakat.

Dari Deklarasi hasil verifikasi desa Kasdi loe sudah terverifikasi ODF.

Deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.