Pangkep, FaktualSulsel. com – Telah terjadi amblas tumbang talud pondasi yang mengakibatkan longsor pinggir sungai dan pohon tumbang di sisi Jalan Sukowati Kelurahan Paddoang doangan Kecamatan Pangkajene Kabupaten pada hari Kamis 6 Oktober 2022 pukul 13 00 WITA atau sesudah dluhur.

Longsor tebing pinggir sungai tersebut terjadi saat hujan deras yang baru berlangsung selama 30 menit tiba-tiba Talut dari pondasi sepanjang hampir 100 meter dengan ketinggian lebih 5 meter hingga amblas sampai selebar 2 meteran kebagian badan jalan.

Menurut saksi mata bahwa tiba-tiba terjadi longsor dengan jatuh turun ke sungai secara perlahan-lahan dan mengakibatkan beberapa pohon dan tanaman roboh hingga hampir menimpa rumah dan mengakibatkan kemacetan karena jalan tersumbat dengan dahan-dahan pohon hingga ke tengah jalan sebagaimana disampaikan oleh saksi mata tukang bengkel di simpangan pertigaan jalan Sukowati dan jalan HM. Arsyad B yang bernama Tibar sama Wais dkk.

Akibat dari kejadian bencana tersebut telah mengakibatkan jalanan macet serta berkerumunnya warga sekitar yang dalam penjagaan dan penanganan para petugas dari anggota TNI, aparat kepolisian terdekat, Satpol PP dan petugas terkait lainnya dari pemerintah.

Hanya dalam beberapa menit telah hadir di lokasi tempat kejadian bencana Kapolsek Pangksjene AKP. Kamal Syam, S.Pdi, danramil minasatene Let inf. M. Nawir, Kasat Pol PP Pemadam kebakaran dan penyelamatan drs. H. Idris Sira, MM, Lurah Paddoang-doangan Ilham.

Saat ditemui di lokasi kejadian Lurah Paddoang doangan Ilham kepada wartawan mengatakan bahwa di awal musim hujan daerah Paddon doangan itu tiap tahun memang rawan banjir dan longsor karena tanah yang labil, jadi kami antisipasi supaya warga siap siaga, ada melaporkan kejadian kepada kami dan sekarang kami dibantu oleh satuan polisi pamong praja, damkar, teman-teman dari badan penanggulangan bencana.

Kata Lurah Ilham ini kejadian sejak dluhur tadi dan ini ada berapa pohon yang tumbang serta menutup arus lalu lintas, jadi kami antisipasi lalu lintas kami tutup sementara untuk hari ini.

Ditambahkan Ilham, Alhamdulillah tidak terjadi korban jiwa dan hingga saat ini kami belum sempat menghitung berapa besar kerugian yang terjadi.

Sedangkan menurut Kasat Pol PP Drs hm Idris Sira mm mengatakan bahwa atas kejadian ini kami menghimbau kepada semua pihak warga masyarakat agar lebih waspada dan hati-hati di dalam melintas area sekitar sini serta berharap kepada semua aparat perangkat terkait kiranya segera datang dan turun tangan sesuai dengan tupoksinya masing-masing untuk membantu secepatnya menangani kejadian yang seperti nampak di hadapan kita ini.

Disampaikan H. Idris bahwa dari kabar yang disampaikan oleh beberapa dinas dan badan terkait yang dihubunginya telah mengerahkan para petugasnya dan barusan ada penyampaian BPBD mereka sudah dalam mengerahkan aparatnya datang ke tempat ini.

Deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.