Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


faktualsulsel.com-PAREPARE – Komisi Pemilihan umum (KPU) Parepare menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 02 Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Rabu (21/02/2024)

Kapolres Parepare AKBP Arman Mui turun langsung memantau pelaksanaan PSU didampingi, Ketua KPU Muhammad Awal Yanto mengecek jumlah pemilih dan kesiapan petugas TPS.

Pada kegiatan itu Sejumlah warga mendatangi TPS untuk memberikan pihaknya di TPS 02 Kelurahan Lumpue. Poles Parepare telah berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu dan pemerintah kota Parepare terkait PSU tersebut

“Untuk tingkat keamanan kita sudah menurunkan sejumlah personil di TPS tersebut, melihat kondisi dan situasi ada anggota kami yang standby juga melekat di lokasi itu, selain itu ada juga pengamanan tertutup serta perwira pengendali untuk memantau kegiatan tersebut, “ ujarnya

Selain itu kata Arman Muis, pihaknya juga melakukan pengecekkan kesehatan bagi petugas TPS yang ada di lokasi itu.

“ Selain melibatkan Personil kesehatan (Sidokkes) Polres Parepare, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak dinas kesehatan Parepare untuk melakukan pengecekkan kesehatan bagi petugas, baik itu di kantor PPK maupun pada pelaksanaan PSU di TPS, “ ujarnya

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan kita. Insyaallah untuk hari ini juga akan merampungkan rekapitulasi suara tingkat kecamatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Parepare Muhammad Awal Yanto mengungkapkan PSU dilakukan berdasarkan temua Bawaslu. Ia membeberkan ada pemilih ber-KTP luar Parepare yang tidak terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan.

“Sehingga itu menjadi selisih antara jenis semua pemilihan. Olehnya itu terjadi PSU berdasarkan hasil rekomendasi Bawaslu,” jelas Awal.

Ia menjelaskan hasil pantauan KPU, sebanyak 50 persen lebih masyarakat di TPS 02 Lumpue sudah mencoblos kembali. Dari 282 DPT, sudah ada 148 pemilih yang datang menggunakan hak pilihnya kembali.

“Alhamdulillah berarti teman-teman PPS dan KPPS, PPK hingga KPU saling bekerjasama untuk menyebarkan informasi bahwa ada PSU. Sehingga Alhamdulillah saat ini sudah sampai 50 persen,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, hasil penghitungan suara di TPS tersebut akan dibawa langsung ke tingkat kecamatan untuk direkapitulasi.

(**/Bahtiar A)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *