Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


ANDOOLO,faktualsulsel.com – Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST., MM melepas secara resmi 122 Calon Jamaah Haji (CJH) Konsel Tahun 1440 H/2019 M yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 24, menuju Asrama Haji Sudiang – Kota Makassar, di Auditorium lt. 3 Kantor Bupati, Senin (15/7/2019).

Turut mendampingi Wakil Bupati, Dr. H. Arsalim Arifin, SE., M.Si, dan Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si, serta di hadiri Kapolres Konsel, AKBP Dedi Adriyanto, Kepala Kemenag, Adnan Saufi, S.Pd.,M.Pd, anggota DPRD, Nurmantasia dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Dalam sambutannya, H. Surunuddin mengatakan bahwa ibadah haji adalah sebagai gambaran miniatur padang mahsyar, dimana seluruh umat manusia akan berhadapan dengan sang khalik, untuk itu kita semua sama berdoa agar para jamaah diberikan kekuatan dan kesehatan selama melaksanakan ibadah haji, dengan harapan bisa merubah perilaku menjadi lebih baik bagi diri, orang lain maupun daerah, bangsa dan negara yang memahami hakikat haji yang bukan fisik semata tetapi juga ibadah bathin yaitu wukuf.

Patut juga disyukuri karena jumlah CJH Konsel mengalami kenaikan signifikan menjadi 122 orang, dari 65 jamaah 2017 dan 85 orang pada tahun 2018. “Ini mengindikasikan bawa perekonomian masyarakat kita mengalami peningkatan kesejahteraan, ditambah kesadaran warga untuk melaksanakan perintah Allah SWT yang juga seiring dengan visi Konsel yang sejahtera unggul, amanah dan religius,” ungkap Surunuddin.

Ia juga menaruh harapan, selain fokus untuk melaksanakan rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta daerah dan bangsa yang berbaur dengan berbagai suku bangsa umat islam dari seluruh penjuru dunia. Yang selalu menjaga perilaku dan kebersamaan dengan menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain

“Olehnya itu, atas nama pribadi dan Pemda mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji tahun 1440 H/2019 M, dan dihimbau untuk tetap sabar dan jaga kesehatan, serta semoga dengan do’a seluruh jamaah dapat menjadikan daerah kita lebih baik yang warganya sejahtera dan makmur menuju Desa Maju Konsel Hebat,” pungkas Surunuddin, sembari beranjak menemui para CJH sekaligus menyerahkan bantuan tunai sambil menyalami kepada seluruh jamaah untuk pelengkap biaya transport lokal selama di tanah suci.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka, dalam laporannya, bahwa total jumlah CJH Konsel tahun 2019 sebanyak 122 dengan rincian reguler 104 orang, penggabungan mahram 11 orang, lansia dan pendamping 7 orang, dengan laki-laki 75 orang dan perempuan 56 orang.

“Untuk CJH termuda yakni usia 25 Tahun, Erva Halisna Binti Arafa dari Desa Horodopi, Kec Benua, dan yang tertua usia 89 Tahun atas nama Lamohama Bin Langkase dari Desa Basala, Kecamatan Basala, dengan sumber mata pencaharian keduanya adalah bertani kakao,” beber Hamlin.

Sedangkan berdasarkan jumlah CJH perkecamatan, jamaah terbanyak dari Tinanggea yang berjumlah 30 orang disusul Laeya 18 orang dan Kecamatan Kolono 15 orang, sisanya tersebar merata pada 22 kecamatan se-Konsel.

Adapun pemberangkatan jamaah, sambung Hamlin, di jadwalkan tanggal 23 Juli 2019 dari Bandara HO menuju embarkasi makassar kloter 24, dan 28 juli 2019 berangkat dari embarkasi makassar tujuan jeddah yang tergabung dalam kloter 30.

Untuk diketahui, kegiatan dimulai dan ditandai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ust Hasanuddin, S.Pdi dari seksi penyelenggara haji dan umrah Kemenag Konsel yang membacakan surat Ali – Imran ayat 96 s/d 97.,”pungkasnya.

Laporan:Edison

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *