Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Pangkep,- faktualsulsel.com — Pengoperasian pasar baru Gusunge Desa Pitue, Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, pada Senin 26 April 2021, nampak sudah mulai digunakan oleh puluhan para pedagang yang telah memilih lapak-lapak sejak beberapa hari yang lalu.

Pasar yang pembebasan lahannya ini diadakan pada tahun 2017, mulai ditimbun 2018 serta fisiknya yang mulai dibangun 2019 yang selesai tahun itu juga, memiliki volume dengan lahan seluas 80 Are (80 000 M²), serta bangunan fisik 26 x 35 M. Nampaknya cukup prospektif dan strategis sebagai pasar desa kedepan.

Dari pengakuan para pedagang yang ditanya hampir semua mengatakan sangat senang dan antusias dengan dibukanya pasar ini, yang akan tetapkan jadwalnya Senin dan Kamis, bersesuaian dengan jadwal pasar-pasar desa terdekat.

Pada pengoperasian awal ini, yang dalam pantauan Sekdes Pitue Muh. Tamrin mewakili Kades menjelaskan bahwa penggunaan tempat di pasar ini memang sudah diperkenankan, namun pihak kami tidak ingin terkesan arogan dan ambisi besar-besaran, mengingat ada Pasar yang sudah lama milik tetangga desa kami, desa Pitusunggu yang hanya berjarak kurang lebih 1,5 km dari sini. Jadi kita menyesuaikan saja dulu dan baiknya biarkan berjalan seperti air.

Apalagi kami sebagai calon kepala desa, yang notabene adalah anak mantan pemilik lahan, khawatir disalah persepsikan sama lawan-lawan kompetitor kami atau hal-hal lainnya yang bisa dipelintir, kami ingin sportif, menurut Sekdes yang tenang dan pendiam ini. Jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala Desa Pitue, Barhaman bahwa sebenarnya penggunaan pasar ini belum resmi dimulai tapi para pedagang sudah mendahului. Kami rencana dalam waktu dekat ini akan ada launching.

Lebih lanjut Kades, sependapat dengan Kadis Perindag, untuk biaya-biaya sebaiknya jangan dulu dibahas, perkenankan saja dulu para pedagang masuk, nanti pada saatnya kalau sudah ramai baru dibicarakan masalah sewa tempat ataupun retribusinya, yang nanti dikelola oleh Bumdes.

Ditambahkannya, karena kepannya ada wacana menjadikan pasar untuk 4 Pulau yakni Sakuala, Sabangko, Salemo dan Sagara, jadi nanti akan dibangun dermaga yang jalannya sudah dibangun sejak tahun lalu sampai ke pinggir laut. Menurutnya.

Sementara pada tinjauan setelah diputuskan dalam rapat mulai digunakannya pasar, oleh Kadis Perindag Ansar Padduai, mengatakan bahwa pasar Gusunge ini sebenarnya sudah sejak ulang tahun Pangkep tahun lalu diresmikan, namun masih mengadakan penyesuaian dengan banyak hal untuk idealnya pengoperasian pasar ini.

Menurutnya, sekarang tinggal menata untuk ditempati pedagang yang pindah atau yang mau masuk berdagang ditempat ini.

(**/Deden)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *