Pangkep, faktualsulsel.com- Kepala Desa manakku bapak Jufri Sawedi menjadikan lahan nonproduktif menjadi lahan produktif sektor pertanian (persawahan) masing-masing Dusun Kokoa,Bangkala, Bt.lali, Paukiri dan Dusun pangngerekan yang luasnya kurang lebih 40 hektar. Pangkep (21/07/2022).

Jufri Sawedi setelah terpilih kembali menjadi kepala desa manakku yang kedua kalinya ingin dan fokus untuk memampaatkan sumber daya alam desa maupun sumber daya manusianya agar masyarakat desa manakku lebih baik dan sejahtera sama dengan desa lainnya di kabupaten pangkep dan desa yang mauju pada umumnya.

Lebih lanjut kepala desa mengatakan saat dikunjungi oleh awak media ini ” menyampaikan bahwa ,pemanfaatan lahan yang tidak produktif menjadi lahan produktif bukan pekerjaan yang mudah tanpa ada dukungan dari masyarakat itu sendiri karena untuk memberikan pemahaman ke masyarakat harus melalui pendekatan sehingga masyarakat dapat mengerti betul asas manfaat suatu program,olehnya itu kepala desa harus punya strategi, jufri sawedi sebagai kepala desa menerapkan gotong royong saling membantu, bahkan dalam pelaksanaan program ini butuh dukungan dana yang cukup besar,” Ungkapnya.

Selain menggunakan dana desa yang sudah diperuntukkan sesuai dengan peruntukannya,bahkan jika ada kekurangan dana, kepala desa rela menggunakan dana pribadinya dalam artian membantu dengan apa adanya, seperti kebutuhan yang sifatnya terjangkau, itu semua demi membangun desanya lebih maju lagi dari sebelumnya.

Selain pemanfaatan lahan tidur (nonproduktif) menjadi lahan produktif kepala desa telah mengadakan satu unit handtraktor, pompa air dan pipa untuk keperluan pompanisasi baik pertanian maupun untuk petani tambak, dengan menggunakan dana desa (program ketahanan pangan),maupun program lainya terkait penggunaan add maupun dd yang jelas kita gunakan dana desa sesuai dengan aturan maupun petunjuk yang ada dan digunakan semaksimal mungkin.

Desa manakku bersama tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh pemuda dan masyarakat pada umumnya berkeinginan untuk mamajukan dan mensejahterakan masyarakat desa manakku yang lebih maju dari sebelumnya namun tanpa dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah kabupaten, hal ini tdk akan tercapai karena itu adalah salah satu kuncinya.
Laporan: Deden Mf

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.