Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


faktualsulsel.com-Wakapolres Toraja Utara Kompol Marthen Buttu mewakili Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda, S.IK., M.Si menghadiri Apel kehormatan sekaligus renungan suci menyambut peringatan detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Buntu Lepong, Kec. Rantepao, Kab. Toraja Utara, Rabu (16/8/2023) malam.

Dalam kegiatan yang digelar tersebut, bertindak selaku pimpinan apel yakni Dandim 1414/Tator Letkol Inf. Monfi Ade Candra S.I.P., M.Han, perwira apel Danramil 1414-02 Rantepao Lettu Inf. Agustinus, sedangkan komandan apel Dan Unit Kodim 1414/Tator Letda Arm. Yohanes Mesak Pabaru.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting dan pejabat daerah. Diantaranya adalah Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, SE, Wakil Bupati Toraja Utara Frederik V. Palimbong ST, Kacabjari Rantepao Deri Fuad Rachman, S.H, Sekda Kab. Toraja Utara, Anggota DPRD Toraja Utara, Anggota DPRD Tana Toraja, Kepala SKPD Toraja Utara, Danramil jajaran Kodim 1414/Tator, serta Kapolsek jajaran Polres Toraja Utara.

Berbagai kesatuan turut serta dalam apel yang digelar ini, antara lain Prajurit Kodim 1414/Tator, Personel Polres Toraja Utara, Satuan Polisi Pamong Praja serta Saka Bhayangkara (Pramuka).

Makam yang biasanya tampak gelap dan sunyi, malam itu berubah dengan penerangan obor dan lilin. Seluruh peserta apel memberikan penghormatan kepada arwah para pahwalan yang sangat berjasa bagi negara dan bangsa.

Saat dikonfirmasi usai pelaksanaan apel, Wakapolres Toraja Utara Kompol Marthen Buttu mengungkapkan bahwa kehadiran dalam apel kehormatan dan renungan suci ini adalah sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Kami yang hadir pada upacara apel kehormatan dan renungan suci, untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan, menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas pengorbanan, keiklasan, kesucian, dan pengabdian terhadap perjuangan demi kemerdekaan bangsa dan negara,” ujarnya.

Apel kehormatan dan renungan suci diakhiri dengan tabur bunga di makam para pahlawan sebagai bentuk penghormatan dan doa bagi arwah mereka. Seluruh peserta upacara berdoa agar semangat perjuangan pahlawan tetap dikenang dan diinspirasi oleh generasi masa depan.

(**/Bahtiar A)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *