Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


faktualsulsel.com-Parepare –Waka Polsek Kawasan Pelabuhan Nusantara Polres Parepare, Iptu H. Arwan Tenrioddang mendapatkan sebuah pertanyaan yang menarik dari warga saat melakukan kegiatan Jumat Curhat di Kompleks Pelabuhan Lontange Jl.Karaeng Burane RT 01/ RW 02 Kel.Mallustasi Kec. Ujung Kota Parepare.

Pertanyaan itu datang dari salah satu warga yang bernama sdr. Anto, ia menanyakan bagamana cara bertindak dari aparat keamanan saat terjadi situasi darurat seperti bencana alam di Pelabuhan Nusantara. Jumat (1/03/2024).

Iptu H. ArwanTenrioddang, yang didampingi oleh 3 personil Polsek KPN, memberikan jawaban.

Kata H. Arwan, saat terjadi situasi darurat seperti bencana alam di pelabuhan, ada beberapa tindakan keamanan yang biasanya diambil untuk melindungi pengunjung, karyawan, dan aset di pelabuhan. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan adalah:

  1. Evakuasi: Jika diperlukan, prosedur evakuasi akan dilakukan untuk memindahkan orang-orang ke daerah yang lebih aman di dalam atau di luar pelabuhan.
  2. Komunikasi darurat: Sistem komunikasi darurat akan diaktifkan untuk memberikan informasi penting kepada semua orang di pelabuhan. Ini bisa meliputi pengumuman melalui pengeras suara, pesan teks, atau penggunaan sirene darurat.
  3. Koordinasi dengan pihak berwenang: Pelabuhan akan bekerja sama dengan pihak berwenang seperti tim pemadam kebakaran,Kepolisian,BNPB dan petugas medis untuk mengkoordinasikan respons darurat. Mereka akan memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan dalam situasi darurat.

” Tindakan keamanan yang diambil selama situasi darurat dapat bervariasi tergantung pada jenis bencana alam yang terjadi dan kebijakan keamanan pelabuhan. Setiap pelabuhan biasanya memiliki rencana darurat yang disusun sebelumnya untuk menghadapi berbagai skenario darurat dan memastikan keselamatan semua orang yang berada di pelabuhan “. Ujar H. Arwan di akhir penjelasannya.

Kapolsek KPN AKP. Syukri Abdullah, S.H, M.H, yang di konfirmasi melalui sambungan selulernya membenarkan kegiatan Jumat Curhat yang di laksanakan oleh personil Jajarannya

” Hari ini kita laksanakan Jumat Curhat di Jl. Karaeng Burane, dipandu oleh Waka Polsek Iptu H. Arwan Tenrioddang, kita dapatkan sebuah pertanyaan menarik tentang bagaimana cara kita bertindak jika terjadi situasi darurat, semoga penjelasan Iptu H. Arwan tadi dapat bermanfaat bagi warga yang mengikuti Jumat Curhat, terimakasih “. Kata Kapolsek, AKP. Syukri Abdullah membenarkan.

(**/Bahtiar A)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *