Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Pangkep, Faktualsulsel.com- Sebanyak 307 Jemaah calon haji asal Kabupaten Pangkep mulai mengikuti manasik haji selama dua hari. Mereka akan dibekali berbagai pengetahuan tentang tatacara beribadah haji yang baik dan benar.

Bupati Pangkep, H.Syamsuddin Hamid SE, saat membuka acara manasik yang diselenggarakan di mesjid Agung, Senin 2 Juli 2018 menjelaskan jika setiap tahunnya Pemkab Pangkep memberikan perhatian terhadap jemaah haji, Selain memberikan manasik secara umum juga dibekali pelatihan mental bagi jemaah haji di pesantren.

Sementara itu, Plt. Kakanwil Kemenag H.Iskandar Fellang, yang hadir dalam acara tersebut, banyak memberikan arahan tentang tatacara ibadah yang sesuai dengan aturan agama Islam. Bahkan ia juga meminta para calon jemaah haji untuk menggunakan jasa pembimbing haji di tanah suci yang sudah resmi, Karena banyak juga jemaah calon haji yang tertipu di tanah suci karena menggunakan jasa ilegal terutama mereka yang menggunakan kursi roda.

Rombongan Pangkep terbagi 2 kloter 24 dan 34. Kloter 24 jumlah jamaah 227 orang, dan Keloter 34 jumlah jamaah 80 orang. Data dari Kemenag setempat jumlah jamaah calon haji Pangkep 304 orang, TPHD 2 orang, mutasi 1 orang dari provinsi Maluku TPIHI 1 orang.

Jumlah jamaah laki-laki 128 orang, perempuan 179 org, total 307 orang. Data siskohat per Juni daftar tunggu sebanyak 7.871, dengan asumsi sudah haji 93 org, belum haji 7.778 orang, laki-laki 3.165 org, perempuan 4.706 org.

Jemaah yang berangkat tahun ini adalah pendaftar Tgl 27 Mei 2009 sampai tgl 14- Oktober 2009.

Laporan: Abd Muin 

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *