Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Pangkep, Faktualsulsel.com– Dalam rangka Pencegahan serta Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Pangkep, Polres Pangkep bersama stakeholder lainnya, hari Kamis (19/09/2019) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Rakor yang digelar di Aula Andi mappe Polres Pangkep tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga, S.I.K,M.H didampingi Asisten III M. Irdas, SH serta Danramil 1421 – 09 Liukang Kalmas Mayor Czi Awan Hermawan yang mewakili Dandim 1421 Pangkep .

Turut Hadir dalam rapat koordinasi Wakapolres Pangkep Kompol Syukri Abham, S.H.,M.H, Danramil 1421 – 03 Bungoro Mayor Inf. Abdul Latif Jafar, Kadis Pertanian Pangkep Ir. A. Sadda, Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Pangkep, Perwakilan Dinas Kehutanan dan Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Pangkep, Manggala Agni Daops Gowa Ishak Andi Kuna Sekcam dan Kasi se Kab. Pangkep, Para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Pangkep dan Babinsa Kodim 1421 Pangkep.

“Karhutla ini menjadi Issu Nasional sehingga menjadi perhatian Pemerintah Pusat, maka dari itu wilayah Kabupaten pangkep juga memiliki Hutan serta adanya beberapa kejadian kebakaran yang terjadi, jadi hari ini kita lakukan Rakor untuk menyamakan persepsi dan langkah upaya penanggulangan kebakaran, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing” Ungkap Kapolres

Lanjut Kapolres, yang terpenting sekarang ini adalah Peran Pencegahan atau antisipasi yang dilakukan Pemerintah Setempat (Desa/Lurah), Pihak Kehutanan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus Berkolaborasi Untuk Menyampaikan serta menyadarakan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran Lahan dan Hutan karena itu termasuk perbuatan Pidana, Jadi ini harus betul-betul tersosialisasikan dan tersampaikan melalui pendekatan edukatif “Harapnya”

AKBP Tulus Sinaga menambahkan bahwa Upaya lain yang bisa dilakukan yakni mengintensifkan patroli terpadu semua stake holder, sosialisasi dengan pemasangan himbuan (Spanduk), penyadaran, dan berbagai langkah pencegahan, serta deteksi dan Koordinasi yang cepat jika nantinya terjadi kebakaran hutan dan lahan,

Senada dengan Bupati Pangkep yang diwakili oleh Asisten III M. Irdas, SH menyampaikan bahwa Kebakaran hutan dan lahan ini menjadi permasalahan nasional yang perlu kita hadapi bersama, Jadi Selaku pemerintah akan mendukung semua hasil rapat ini dan segera menindak lanjuti hasil rakor dengan Menghimbau kepada perangkat Pemda Pangkep (Camat, Lurah dan Desa) untuk lebih aktif mensosialisasikan kepada warga Kab. Pangkep untuk tidak melakukan pembakaran lahan baik di area pegunungan, persawahan dan perkebunan “Katanya”

Begitupun dengan Pihak TNI dalam hal ini Kodim 1421 Pangkep akan terus bersinergi dengan stakeholder lainnya, dalam dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan secara bersama-sama dan selama ini setiap ada kejadian kebakaran Personil TNI selalu bersama Polri, Pemadam Kebakaran serta masyarakat setempat bersatu padu mencegah dan Penanganan kebakaran hutan dan lahan “Ucap Danramil 1421 – 09 Liukang Kalmas Mayor Czi Awan Hermawan yang mewakili Dandim 1421 Pangkep

Sebelum Mengakhiri Rakor Kapolres Pangkep kembali menyampaikan bahwa tujuan rapat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pangkep yang merupakan tanggung jawab kita bersama dari seluruh steakholder dan semoga permasalahan dapat terselesaikan “Tutupnya”

Laporan:(sainuddin)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *