Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


PANGKEP,faktualsulsel.com — Kurang lebih setahun, AKBP Tulus Sinaga, S.IK menjabat sebagai Kepala kepolisian resort (Kapolres) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Tulus sinaga dikenal sebagai sosok yang memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi utamanya dalam beragama. Diketahui, Tulus Sinaga merupakan non muslim, namun perhatian lebih pula, sangat diperhatikan terhadap umat muslim di Pangkep khususnya.

Selain itu, Tulus Sinaga sangat menghargai kearifan lokal hingga kenyamanan dan kemanan masyarakat pun betul-betul diprioritaskan. Seperti diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pangkep, Drs Abu Bakar Safa.

“Sungguh, beliau adalah sosok sejatinya pemimpin. Iya memperhatikan segala aspek. Dari aspek agama meski iya adalah non muslim, namun iya sangat menginginkan anggotanya taat beribadah. Hal itu disandingkan dengan tugas fungsi anggotanya. Iya melahirkan program agar bagaimana tugas fungsi seorang polisi dapat pula taat beribadah, misalnya programnya yang selama ini iya gencarkan, strong poin pengaturan lalulintas dipagi hari. Berharap, dari program itu anggotanya dapat selain disiplin tugas juga, disiplin ibadah salat subuh,”Terang Abu Bakar Safa, saat dimintai tanggapannya, Senin 28 Oktober 2019.

Hal senada pun diungkapkan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pangkep, Drs H Waqi Murtala mengatakan, sosok Tulus Sinaga yang kurang lebih setahun memimpin resort Polres Pangkep ini, sangatlah dikenal arif bijaksana. “Banyak orang yang bisa jadi pemimpin, tapi tak banyak pemimpin yang bisa arif bijaksana. Serta mampu berbaur cepat dengan masyarakat hingga menciptakan kenyamanan dalam kerukunan umat beragama,”ujarnya.

Lanjut dikatakan, mantan ketua MUI Pangkep itu, salah satu sikap toleransi Tulus sinaga, dengan memberi perhatian terhadap tempat ibadah umat muslim masjid Polres Pangkep dibenahi dan direnovasi dengan bangunan yang lebih besar dan lebih megah dari bangunan yang sebelumnya. “Iya perjuangankan itu, hingga mendapat sumbangan dan membenagi masjid tersebut. Sungguh itu sikap dan amalan yang luar biasa,”ungkapnya.

Diketahui, saat ini seiring turunya TR mutasi dijajaran kepolisi republik Indonesia. Tulus Sinaga akan menjabat Kapolres di Kalimantan Barat, dan digantikan oleh AKBP Ibrahim Aji yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Enrekang.

Laporan: Deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *