Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan





Pangkep,faktualsulsel.com — Guna meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senjata api (senpi), Polres Pangkep melaksanakan latihan menembak sasaran. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Lapangan Tembak Siloro Semen Tonasa Kab Pangkep, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan latihan menembak ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti, S.I.K., M.K.P. Hadir dalam kegiatan Wakapolres Kompol H. Muh. Thamrin, S.H, Pejabat Utama serta Kapolsek Jajaran, Para personil dan anggota Polres Pangkep pemegang senpi.

Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti, S.I.K., M.K.P. mengatakan, latihan menembak ini merupakan kegiatan yang sudah terjadwal di lingkungan Polres Pangkep dan dalam pelaksanaan dilaksanakan lapangan menembak Siloro Semen Tonasa Kab Pangkep. Latihan menembak ini dalam rangka pengawasan, khususnya terhadap personil yang akan meminjam pakai senjata api dinas.

Dia menjelaskan latihan ini sudah menjadi kewajiban untuk menilai kelayakan atau tidak personil Polri yang akan pinjam pakai senjata api.

Ditambahkan, melalui latihan ini, maka akan dapat diketahui, seorang personil layak atau tidak mengunakan senjata api.
Hal itu terkait dengan peraturan Kapolri No 11 Tahun.2017 tentang perizinan, pengawasan dan pengendalian senjata api non-organik TNI / Polri

Tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota, khususnya dalam menggunakan senpi organik.

Latihan ini juga dimaksudkan untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas di lapangan, sehingga dalam menggunakan senpi tidak terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur lainnya, yang dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota dalam menggunakan senpi.

“Seluruh anggota baik perwira ataupun bintara pemegang senpi dan yang akan mengajukan permohonan pinjam pakai senpi wajib mengikuti latihan menembak. Harapannya dapat menambah kemampuan dan meminimalisir penyalahgunaan senjata ataupun kesalahan prosedur dalam penggunaan senpi,” kata Kapolres Pangkep.

Sementara itu Kepala Bagian Logistik (Kabag Log) Polres Pangkep Kompol Hajriadi, A. Md. Kep., S.H., M.H selaku kordinator Latihan mengungkapkan, kegiatan latihan menembak ini adalah salah satu agenda rutin yang dilakukan Polres Pangkep.

“Kegiatan latihan menembak ini sangat bermanfaat untuk melatih kemahiran anggota dalam menggunakan senjata api yang memiliki tujuan utama menjaga harkamtibmas yang tetap kondusif menjelang pemilu 2024 mendatang,” ujar Kabag Log Polres Pangkep yang juga mantan Kapolsek Libureng Polres Bone ini.

Melalui kegiatan tersebut Kabag Log Kompol Hajri memberikan arahan kepada para peserta latihan di antaranya delapan teori menembak yaitu cara berdiri, pegangan, tarikan nafas, kelurusan, Latihan pandangan, gambar bidik, remasan picu, dan tatap fokus. ( warta dadakan).

… / den

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *