Selamat ulang tahun pangkajene dan kepulauan


Pangkep, Faktualsulsel.com- Masyarakat Kampung Kassi Kelurahan Kassi Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep, peringati I Muharram 1440 H.,11 September 2018 M., bertempat di Mesjid Alhilal Kassi.
Acara terselenggara atas inisiatif Pengurus, Majelis Talim serta Tokoh masyarakat Kampung Kassi.

Sebelum acara dilangsungkan, Jamaah dihibur dengan lantunan Syair serta Shalawat oleh anak- anak dari Taman Pengajian Alqur’an (TPA) Mesjid Alhilal Kassi. Acara diawali Pembacaan Ayat Suci Alqur’an oleh salah seorang Qariah, dilanjutkan Da’wah Islamiah oleh Ustadz Samuin,S.Ag. Perlunya kita ummat Islam merubah pemahaman tentang tahun baru islam,adalah hal yg ditekankan oleh Ustadz Samuin di hadapan jamaah serta masyarakat kampung Kassi.

Adanya anggapan bahwa bulan Muharram itu adalah bulan Nakkase( bahasa bugis), bulan keramat, panas dan tidak boleh melakukan kegiatan seperti pesta perkawinan merupakan pemahaman yg keliru dan harus diluruskan,” Tegas Ustadz Samuin.

Pada bulan Muharram yg dilarang adalah perbuatan tercela, dan kita harus berhijrah keperbuatan yg baik, jadi intinya apapun yg kita kerjakan di bulan Muharram yg penting niat kita baik, tidak musyrik kepada Allah, Insya Allah berkah Allah akan kita dapatkan,” ungkapnya.

Seperti dicontohkan, berpoto dengan bertiga biasanya yg ditengah cepat mati, anggapan ini juga salah,lanjut Ustadz Samuin., karena ajal itu sudah diatur dan ditentukan oleh takdir Allah SWT.
Perlunya memakmurkan Mesjid dengan Shalat berjamaah serta mengisi dengan kegiatan keagamaan merupakan hal yg ditekankan oleh Ustafz Samuin,S.Ag., karena ada kekahwaatiran bahwa Mesjid semakin tumbuh banyak, mewah tapi jamaahnya kurang yg datang berjamaah.

Laporan: Abd Muin

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *