TAKALAR, faktualsulsel.com – Pesta lammang desa lantang kecamatan polongbangkeng selatan kabupaten takalar pada malam jum’at 13 Mei 2022.

Kata Daeng buang, tradisi ini sudah menjadi perayaan yang turun-temurun bagi masyarakat lantang yang dilaksanakan setahun sekali.

Lammang merupakan makanan dengan bahan dasar beras yang dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar. Lammang biasa dijual oleh masyarakat sebagai cemilan atau makanan-makanan kecil. Ada dua jenis lemang yaitu lemang yang menggunakan beras ketan putih dan yang kedua adalah lemang dari beras ketan hitam. Bagi masyarakat Takalar tepatnya di desa Lantang, lemang ini tampil sebagai makanan yang masuk dalam sebuah
tradisi yang dinamakan pesta Lammang.

Kemudian tradisi ini juga merupakan kepuasan tersendiri bagi masyarakat yang berada di Desa lantang karena setiap diadakan tradisi ini, orang orang berbondong-bondong datang hanya untuk makan lemang bahkan orang-orang dari luar Takalar juga datang meramaikan tradisi ini”, pungkasnya.

Tradisi ini sudah disebarkan dari mulut kemulut dan dari generasi ke generasi hingga saat ini.
Tradisi pesta Lammang ini merupakan tradisi yang masih dipertahankan oleh masyarakat Desa Lantang. Tradisi ini sudah dilestarikan secara turun- temurun, karena makanan pokok masyarakat setempat adalah beras, maka dipilihlah lemang atau dalam bahasa Makassarnya Lammang sebagai tradisi yang berbahan dasar beras.

Penulis : Muslimin Amin

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.