PT. Semen Tonasa Group



Pangkep,faktualsulsel.com — Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Pangkep memiliki sejumlah tradisi yang rutin diselenggarakan guna menyebarkan nilai-nilai kepahlawan kepada masyarakat Pangkep.


Pada kesempatan tersebut, Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti, S.I.K., M.K.P., turut menghadiri giat Upacara Malam Taptu dalam rangka memperingati Hut Proklamasi RI Ke-78 Tahun yang digelar di Halaman Kantor DPRD Kab. Pangkep, Rabu (16/08/23).


Taptu atau Pawai Obor digelar setiap tanggal 16 Agustus pada pukul 20.15 WITA. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satuan Polisi Pamong Praja, serta para mahasiswa, dan organisasi kemahasiswaan dan pelajar lainnya. Keunikan dari kegiatan ini adalah bahwa seluruh peserta membawa obor yang menyala.


Kegiatan diawali dengan upacara pelepasan para peserta pawai yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pangkep Toto Roedianto, S.Sos., M.H., dan disaksikan oleh Wakil Bupati Pangkep H. Syahban Sammanna, S.H., serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.


Sebelum berangkat, para peserta terlebih dahulu menyalakan obor secara berurutan, mulai dari peleton pasukan paling depan dan menjalar hingga peleton pasukan paling belakang.


Suasana malam disepanjang jalan yang dilintasi oleh para peserta pawai obor tersebut melalui rute yang telah ditentukan mulai dari Halaman Kantor DPRD Kab.Pangkep – Jl. H.M Arsyad- Taman Musafir – Jl. Cempaka lalu kembali ke Kantor DPRD Pangkep. Hal ini sangat sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, yaitu untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat.


Kapolres Pangkep AKBP Ari Kartika Bhakti, S.I.K., M.K.P., mengungkapkan bahwa Upacara Taptu ini di mana sangat penting dilaksanakan karena ini adalah momen bersejarah dalam menyambut detik-detik kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.


Kapolres juga menambahkan pada malam nanti tepat pada pukul 00.00 WITA juga akan di lanjutkan dengan kegiatan renungan suci yang diperdebatkan di taman makam pahlawan (TMP) Bungoro, Kab. Pangkep.

.. / deden

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *